Pemkab Sigi butuh bantuan Pemprov Sulteng kurangi risiko bencana

id pemkab sigi,bupati sigi,sabo dam,mohamad irwan,rusdy mastura,gubernur sulteng

Pemkab Sigi  butuh bantuan Pemprov Sulteng kurangi risiko bencana

Bupati Sigi Mohamad Irwan (kiri) berdialog dengan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (kanan) di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kamis (2/9/2021) ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi membutuhkan bantuan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) dalam hal pengurangan risiko bencana di musim hujan untuk minimalisasi dampak bencana.

"Iya, pengurangan risiko bencana di wilayah Sigi, kami sangat berharap adanya dukungan dari Pemprov Sulteng," ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan di Sigi, Jumat.

Bupati Mohamad Irwan mengatakan untuk mengurangi risiko bencana alam banjir bandang, maka salah satu hal yang harus dilakukan yakni perlunya membangun sabo dam atau bendungan pengendalian air sungai.

Bupati mengaku telah menyampaikan kebutuhan tersebut kepada Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, saat mendampingi meninjau Desa Rogo yang terdampak banjir bandang, pada Kamis (2/9).

"Dalam penanganan banjir dan pengurangan resiko bencana banjir perlu dengan membangun sabo dam, sehingga ke depan diharapkan tidak terjadi lagi banjir di beberapa desa di wilayah Dolo Selatan," ungkap Mohamad Irwan.

Salah satu desa yang dimohonkan oleh Bupati Sigi Mohamad Irwan agar dibangunkan sabo dam yakni Desa Rogo. Desa Rogo terdampak banjir bandang disertai material lumpur dan kayu pada 29 Agustus 2021.

Gubernur Rusdy Mastura memberikan respon terhadap hal itu, dengan meminta kepada Kementerian Pekerjaan Umum agar membangun sabo dam di bagian hulu Sungai Desa Rogo, Kabupaten Sigi, untuk mencegah banjir bandang di desa tersebut.

"Satker Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) BWSS, Kementerian PUPR, kiranya dapat membantu membangun sabo dam di beberapa desa yang rawan banjir seperti di Desa Rogo," ungkap Rusdy Mastura.

Rusdy Mastura bersama jajarannya meninjau kondisi masyarakat dan lokasi terdampak banjir bandang di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi.

Dalam peninjauan itu, Gubernur Rusdy Mastura meminta kepada PUPR melalui Satker PJSA agar membangun sabo dam atau bangunan penahan sedimen di Desa Rogo.

Selain Desa Rogo, Rusdy Mastura juga meminta PUPR membangun sabo dam di beberapa desa lainnya meliputi Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, dan Desa Beka Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi.

"Iya, seperti yang sedang dibangun oleh PJS kerja sama JICA di Desa Poi," katanya.
 
Bupati Sigi Mohamad Irwan (kemeja putih) berdialog dengan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kamis (2/9/2021) (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)