Semarakan HUT ke-17 DPD RI, dari palang pintu hingga stand up comedy

id Dpd,hut dpd ri

Semarakan HUT ke-17 DPD RI, dari palang pintu hingga stand up comedy

Acara HUT DPD RI diawali dengan kesenian palang pintu dari DKI Jakarta yang menyambut kedatangan Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. ANTARA/HO-DPD RI

Jakarta (ANTARA) - Rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-17 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mempersembahkan berbagai kegiatan mulai dari kesenian palang pintu hingga stand up comedy.

Ketua Panitia Sylviana Murni dalam keterangannya diterima di Jakarta, Jumat, menyebutkan kemeriahan benar-benar mewarnai rangkaian HUT ke-17 DPD RI. Puncak acara digelar di Gedung Nusantara IV Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Acara HUT DPD RI diawali dengan kesenian palang pintu dari DKI Jakarta yang menyambut kedatangan Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Para undangan juga disuguhkan sejumlah tarian Nusantara secara medley, sebelum senator dari Kalimantan Barat Sukiryanto, yang juga Ketua Komite IV DPD RI, membaca doa.

Acara dilanjutkan laporan Ketua Panitia Sylviana Murni, senator asal Jakarta yang juga Ketua Komite III DPD.

Menurut Sylviana, memasuki usia 17 tahun DPD RI telah memberikan penguatan sistem demokrasi, khususnya dalam hal menampung aspirasi masyarakat dari tiap daerah dan memperjuangkannya untuk kepentingan bersama, khususnya dalam pengambilan kebijakan di tingkat nasional.

"DPD RI yang hadir sejak 1 Oktober 2004, telah memberikan pengaruh yang besar dalam penyelenggaraan ketatanegaraan serta memberikan dampak yang positif dalam penyampaian aspirasi daerah di tingkat nasional," katanya.

Pernyataan tersebut diperkuat Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. Menurutnya, meskipun relatif muda, DPD sudah mampu berkontribusi besar bagi daerah dan Indonesia.

"Ke depan perlu penguatan kelembagaan DPD, agar kerja-kerja para senator lebih maksimal dalam mewujudkan keadilan sosial yang merupakan tujuan bangsa ini," ujarnya pula.

HUT ke-17 DPD RI diisi dengan banyak rangkaian kegiatan. Antara lain lomba kolom tulisan tentang DPD RI bagi wartawan/jurnalis media cetak, lomba esai bagi mahasiswa, lomba esai bagi siswa SMU sederajat.

Ada juga lomba video pendek tentang keragaman kekayaan budaya daerah, gowes semarak 17 tahun DPD RI dari daerah untuk Indonesia, pertandingan eksibisi sepak bola, donor darah, festival kuliner nusantara.

Kemudian, pameran fotografi, festival beasiswa nusantara, lomba busana adat nusantara bagi anggota DPD RI, obrolan senator (OBRAS), dan yang spesial adalah Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN) 1 di Keraton Sumedang Larang.

Kemeriahan HUT DPD RI ke-17 semakin meriah, setelah di puncak acara Cak Lontong berhasil memecah tawa tamu dan hadirin melalui banyolan segarnya saat stand up comedy.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021