Indonesia raih empat medali emas kejuaraan SEAKF 2022

id Karate, seakf 2022, tim karate indonesia,Ignatius Joshua,Ahmad Zigi Zaresta Yuda,Ceyco Georgia

Indonesia raih empat medali emas  kejuaraan SEAKF 2022

Atlet karate Indonesia Ignatius Joshua memberi hormat usai menerima medali emas nomor kumite putra kelas -75 kg pada kejuaraan South East Asian Karate Federation (SEAKF) 2022 di Kamboja, Sabtu (26/3/2022). ANTARA/HO/PB Forki

Jakarta (ANTARA) - Indonesia meraih empat emas, tiga perak, dan lima perunggu dalam kejuaraan South East Asian Karate Federation (SEAKF) 2022 di Kamboja, 21-28 Maret. Hasil ini melebihi target tiga emas.

Keempat medali emas disumbangkan oleh Krisda Putri Aprilia dari nomor kata perseorangan utri, Ahmad Zigi Zaresta Yuda pada kata perseorangan putra, Ignatius Joshua pada kumite putra kelas -75 kg, dan Dessynta Banurea dari kumite putri kelas +68 kg.

“Dengan hasil ini, saya sangat bangga karena Tim Karate Indonesia berhasil meraih empat medali emas, sebab target kita, tiga emas”, kata Sekjen PB Forki Raja Sapta Ervian dalam keterangan resminya, Minggu.

Pria yang akrab disapa Eyi itu menilai hasil itu menjadi barometer prestasi karateka Indonesia pada SEA Games 2022 Hanoi, Vietnam, karena peserta yang turun dalam kejuaraan di Kamboja itu mayoritas bakal turun pada SEA Games.

“Melalui kejuaraan ini, kita melihat kesiapan tim, sekaligus mengintip kesiapan lawan di ajang SEA Games nanti,” kata Eyi.

Tim karate Indonesia tampil dalam 17 nomor yang dipertandingkan untuk dipersiapkan menghadapi SEA Games Vietnam 2022.



Hasil Pertandingan hari pertama Jumat 25 Maret, Indonesia menyapu dua emas, satu perak, dan dua perunggu. Dua Emas disumbangkan Krisda Putri Aprilia dari  kata perseorangan putri dan Ahmad Zigi Zaresta Yuda pada kata perorangan putra.

Perak disumbangkan kata beregu putri; Emilia Sri, Dian Monika, Nurul Anugrah. Perunggu diraih Ari Sapura dari kumite putra kelas -55 kg dan Sharon Ririhena pada kumite putri -50 kg.

Pada kedua Sabtu kemarin Indonesia menambah dua medali emas, dua perak, dan perak perunggu. Dua emas diraih Ignatius Joshua dari kumite putra kelas -75 kg dan Dessynta Banurea pada kumite putri kelas -68 kg.

Dua perak direbut Cok Istri Agung pada kumite putri kelas -55 kg dan Ceyco Georgia dari kumite putri kelas -68 kg, sementara tiga perunggu diperoleh Tebing Hutapea pada kumite putra kelas -67 kg, Claudio Fernando dari kumite putra kelas -84 kg, dan Sandi Firmansyah pada kumite putra kelas +84 kg.

SEAKF menjadi parameter SEA Games 2022 Vietnam dan diikuti sembilan negara ASEAN. Darly Siregar terpilih menjadi Vice Presiden SEAKF.