Wabup Djira pimpin upacara Hari Perhubungan Nasional tingkat Morut

id Morut

Wabup Djira pimpin upacara Hari Perhubungan Nasional tingkat Morut

Wakil Bupati Morut H. Djira K memimpin upacara memperingati Hari Perhubungan Nasional ke-51 di Kantor Dishub Morut di Kolonodale, Senin (19/9/2022). ANTARA/HO- Pemda Morut

Kolonodale, Sulteng (ANTARA) - Wakil Bupati Morowali Utara (Morut) H. Djira K memimpin upacara memperingati Hari Perhubungan Nasional ke-51 yang bertempat di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Morowali Utara (Morut), Senin (19/9/2022).

Selain Wabup Morut, hadir pula Kepala Dishub Morut Irwan A. Ibon, Sekretaris Dishub orut Darman Bada, serta beberapa pejabat di sektor perhubungan.

Upacara peringatan HUT Perhubungan yang mengambil tema "Bangkit Maju Bersama Menghubungkan Indonesia" diawali dengan pembacaan lima citra manusia perhubungan.

Dalam sambutan tertulis Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dibacakan Wabup Morut, diungkapkan berbagai hal terkait kondisi bangsa di masa pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19.

Ditegaskan bahwa banyak negara mengalami krisis ekonomi dengan tingkat inflasi yang melambung tinggi, namun Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global itu.

Di sektor transportasi nasional, kata dia, kebangkitan itu mulai terlihat. Data BPS menunjukkan sektor transportasi telah berhasil tumbuh 21,27% pada kuartal kedua tahun 2022, dan memberi sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44 persen.

Di tengah pencapaian yang baik itu, lanjut Menhub, harus diakui masih banyak sektor yang harus dituntaskan untuk meningkatkan konektivitas di seluruh Nusantara. Perlu lebih agresif lagi untuk menciptakan integrasi antar moda di seluruh Indonesia. Begitu pula seluruh stakeholder harus berkolaborasi, bahu membahu, untuk membangkitkan kembali sektor transportasi  melalui peran masing-masing.

"Semangat kolaborasi dan sinergi ini juga menjadi ruh pada peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun ini. Semua stakeholder, baik operator, asosiasi dan regulator terlibat secara aktif dalam berbagai program dan acara," jelas Menhub.

Pada upacara tersebut, Wabup Morut H. Djira menyerahkan bantuan Pemda Morut berupa alat keselamatan perhubungan kepada perwakilan operator ASDP.