UIN Datokarama - Pemkot Palu kerja sama tingkatkan kompetensi guru

id Ftik,Askar,Ppg,Lptk,Pemkot palu,Uin palu

UIN Datokarama - Pemkot Palu  kerja sama tingkatkan kompetensi guru

Dekan FTIK UIN Palu Dr Askar (kiri) foto bersama Wali Kota Palu Hadianto Rasyid sambil memperlihatkan perjanjian kerja sama yang ditandatangani kedua belah pihak. ANTARA/HO-FTIK UIN Datokarama

Palu (ANTARA) - Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama dengan Pemerintah Kota Palu bekerja sama meningkatkan kompetensi guru di daerah itu melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan.

Dekan FTIK UIN Palu Dr Askar, di Palu, Jumat, mengatakan kerja sama dengan Pemkot Palu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru demi mewujudkan guru profesional dalam melaksanakan tugas dan kewajiban.

"Lewat program PPG, FTIK melakukan pembinaan dan peningkatan kapasitas guru untuk mewujudkan guru profesional," kata Askar.

FTIK UIN Datokarama dengan Pemkot Palu resmi bekerja sama ditandai dengan penandatangan perjanjian kerja sama pelaksanaan PPG yang ditandatangani oleh Dekan FTIK UIN Datokarama Dr Askar dan Wali Kota Palu Hadianto Rasyid.

Askar mengatakan tujuan kerja sama yaitu untuk menyelenggarakan PPG dalam jabatan bagi guru pendidikan agama Islam (PAI) tahun 2022.

Pelaksanaan PPG dalam jabatan untuk guru PAI Kota Palu dibiayai oleh Pemerintah Kota Palu sebesar Rp137 juta lebih dengan jumlah guru yang akan diikutkan dalam PPG sebanyak 25 orang.

"Pembinaan terhadap 25 guru ini akan dilakukan pada tahun ini melalui program PPG," sebutnya.

Ia mengatakan PPG adalah program nasional pemerintah yang dalam teknis pelaksanaannya melibatkan perguruan tinggi.

UIN Datokarama Palu, ujarnya, menjadi salah satu perguruan tinggi yang ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk menyelenggarakan PPG seiring dengan terbentuknya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Palu yang melekat pada Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan.

Saat ini, sebutnya, FTIK UIN Palu telah mencetak 162 guru profesional melalui program PPG dalam jabatan angkatan pertama.