UIN Palu seleksi 400 mahasiswa daftar beasiswa KIP Kuliah

id kip kuliah,abdul wahab,mahasiswa uin,pip

UIN Palu  seleksi 400 mahasiswa daftar beasiswa KIP Kuliah

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaa UIN Datokarama Dr M Idhan mewawancarai mahasiswa dalam seleksi calon penerima KIP Kuliah tahun 2022, berlangsung di Sigi, Minggu (23/10/2022). (ANTARA/HO-Dok Pengelola KIP Kuliah UIN Datokarama)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, menyeleksi sebanyak 400 mahasiswa angkatan tahun 2022 yang mendaftar program beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

"Sebanyak 400 lebih mahasiswa mendaftar program beasiswa KIP Kuliah tahun 2022, proses awal yang telah dilakukan adalah seleksi administrasi," ucap Sekretaris Pengelola KIP Kuliah UIN Palu H Abdul Wahab MPd.I, di Sigi, Senin, terkait implementasi Program Indonesia Pintar (PIP).

Wahab mengatakan, dari 400 lebih mahasiswa angkatan 2022 yang mendaftar untuk mendapatkan beasiswa KIP Kuliah, hanya 353 mahasiswa yang lulus dalam seleksi administrasi.



Salah satu syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh pendaftar dalam program KIP Kuliah adalah memiliki KIP sejak masih berada di bangku SMA sederajat, menyertakan surat keterangan tidak mampu/ekonomi lemah dari pemerintah kelurahan/desa.

"Kemudian pendaftar harus menyertakan foto rumah dalam kelengkapan berkas pendaftaran," kata dia.

Ia mengatakan sebanyak 353 peserta yang lulus seleksi administrasi telah mengikuti tahapan wawancara yang berlangsung di Kampus II UIN Datokarama, Minggu (23/10).

Setelah tahapan wawancara, kata dia, UIN Palu akan melihat langsung kondisi rumah calon penerima KIP Kuliah untuk memastikan bantuan beasiswa tersebut tepat sasaran.



"KIP Kuliah adalah program nasional yang diperuntukkan bagi masyarakat atau generasi muda ekonomi menengah ke bawah, namun berprestasi secara akademik dibuktikan dengan nilai akademik," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk tahun 2022, UIN Datokarama sebagai salah satu perguruan tinggi yang dipercaya pemerintah pusat untuk menyelenggarakan KIP Kuliah mendapat kuota sebanyak 149 orang.

"Jadi, untuk tahun 2022 kuotanya sebanyak 149 mahasiswa, maka semua pendaftar kami proses secara ketat, untuk memastikan KIP Kuliah tepat sasaran," katanya.

Mahasiswa yang dinyatakan layak dan berhak menerima KIP Kuliah mendapat bantuan beasiswa senilai Rp6,6 juta/semester, mulai semester I hingga VIII atau total Rp52 juta lebih selama delapan semester (jenjang Strata 1).



Beasiswa KIP Kuliah yang diselenggarakan oleh UIN Palu merupakan implementasi dari program nasional pemerintah yaitu Program Indonesia Pintar (PIP).
Kabag Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN Datokarama Hj Raodha mewawancarai mahasiswa dalam seleksi calon penerima KIP Kuliah tahun 2022, berlangsung di Sigi, Ahad (23/10/2022). (ANTARA/HO-Dok Pengelola KIP Kuliah UIN Datokarama)







 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UIN Palu seleksi 400 mahasiswa daftar beasiswa KIP Kuliah