Bupati Sigi: STQ jadi semangat penuntasan buta aksara

id stq,pemkab sigi,bupati sigi,mohamad irwan,alquran dan hadis

Bupati Sigi: STQ  jadi semangat penuntasan buta aksara

Bupati Sigi Mohamad Irwan (Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohamad Irwan menyatakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) menjadi satu pendekatan membangun semangat para pihak untuk mengoptimalkan penuntasan buta aksara khususnya buta membaca Al Quran.

"STQ menjadi satu syiar untuk membangun kebersamaan dalam meningkatkan sumber daya manusia, termasuk dalam membaca Al Quran," kata Mohamad Irwan, di Sigi, Rabu, terkait pelaksanaan STQ.

Pemerintah Kabupaten Sigi melaksanakan STQ tingkat kabupaten VI tahun 2022 yang berlangsung di Desa Tompi Bugis, Kecamatan Kulawi Selatan. STQ tingkat Kabupaten Sigi kali ini tidak semata-mata seleksi mengenai kemampuan peserta terhadap Al Quran, melainkan juga dirangkaikan dengan penguasaan peserta tentang hadis.

Oleh karena itu, kata Irwan, STQ dilaksanakan tidak hanya menjadi ajang pembinaan bakat dan keterampilan dalam membaca Al Quran dan hadis, melainkan harus dikembangkan menjadi satu pendekatan dalam mendorong masyarakat khususnya umat Islam untuk mempelajari Al Quran.

"Hal ini sangat penting, karena Al Quran menjadi satu rujukan referensi dalam menjalankan hidup atau pedoman hidup, sekaligus sebagai pendidikan yang mencerahkan," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut dia, perlu ada program strategis yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sigi bersinergi dengan Kemenag dan organisasi keagamaan untuk mengajar atau melatih masyarakat utamanya generasi muda agar membaca Al Quran dan hadis.

"Program yang disusun nantinya harus terencana dengan baik, terukur, dan sasarannya jelas," ucapnya.

Hal ini, kata dia, sejalan dengan program inovasi Pemerintah Kabupaten Sigi yakni Sigi Religi yang menjadi satu pendekatan pembinaan masyarakat dari apek agama, dengan tujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang keagamaan dan keislaman.

"Sehingga diharapkan berdampak langsung terhadap peningkatan kualitas kerukunan umat beragama di Kabupaten Sigi," katanya.