UIN Datokarama bantu kembangkan mutu MAN Insan Cendekia Palu

id MAN IC,UIN Palu,UIN Datokarama,Prof Sagaf Pettalongi,Nota kesepahaman

UIN Datokarama bantu kembangkan mutu MAN Insan Cendekia Palu

Rektor UIN Datokarama Sagaf Pettalongi (kanan) menyerahkan cenderamata kepada Kepala MAN IC Palu Mardiati Rosmah (kiri) di Palu, Selasa (4/4/2023) (ANTARA/Kiswanto)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama membantu mengembangkan mutu Madrasyah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Palu, Sulawesi Tengah, untuk menjadi madrasah unggulan dengan kualitas yang baik.

"MAN IC ini menjadi satu identitas dan ikon unggulan untuk membangun dan meningkatkan citra madrasah," kata Rektor UIN Datokarama Sagaf S. Pettalongi di Palu, Selasa.

Komitmen UIN Datokarama untuk membantu pengembangan mutu MAN IC tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Rektor UIN Datokarama Sagaf Pettalongi dan Kepala MAN IC Palu Mardiati Rosmah di UIN Palu, Selasa.

Nota kesepahaman itu mengenai kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan sumber daya kelembagaan.

"Kita berkomitmen untuk meningkatkan mutu MAN IC di masa kini dan akan datang," ujarnya.

Ia mengatakan nota kesepahaman yang telah ditandatangani dapat segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama atau memorandum of agreement antara MAN IC dengan pihak fakultas di UIN Datokarama.

Misalnya terkait dengan peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru dalam bidang pendidikan, ujar dia, MAN IC dapat bekerja sama dengan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Dalam penelitian, katanya, UIN akan menggandeng MAN IC untuk berkolaborasi melakukan penelitian dan pemberdayaan masyarakat.

Ia juga berharap, dengan terjalin hubungan kelembagaan yang baik antara UIN Palu dengan MAN IC, para siswa yang tamat dari madrasah tersebut dapat melanjutkan pendidikan Strata 1 di UIN Palu.

Kepala MAN IC Palu Mardiati Rosmah mengatakan kesepahaman kerja sama itu suatu peluang besar bagi MAN untuk mengembangkan mutu secara akademik dan meningkatkan kompetensi guru serta tenaga kependidikan.

"Kami berterima kasih kepada Rektor UIN Palu Profesor Sagaf Pettalongi dan jajarannya yang telah bersedia untuk bekerja sama dengan MAN IC Palu," ujarnya.
Rektor UIN Datokarama Profesor Sagaf Pettalongi (kiri) Kepala MAN IC Palu Mardiati Rosmah (kanan) menandatangani nota kesepahaman kerja sama, di UIN Palu, Selasa, (4/4/2023) (ANTARA/HO-Kiswanto)