Polres Parigi Moutong siagakan 11 Pos PAM mudik lebaran Idul Fitri

id Yudy Wiyono, polresparimo, Parigi Moutong, Sulteng, mudik, lebaran, Idul Fitri, sulteng

Polres Parigi Moutong siagakan 11 Pos PAM mudik lebaran Idul Fitri

Kapolres Parigi Moutong, AKBP Yudy Arto Wiyono. ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Kepolisian resor (Polres) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menyiagakan 11 pos pelayanan dan pengamanan (PAM) mudik dan pelaksanaan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah hingga arus balik nanti dalam operasi dengan Sandi Ketupat Tinombala 2023.


 


"Dari 11 pos, dua diantaranya merupakan Pos Pelayanan, yang mana penempatannya pada titik-titik strategis pada jalur mudik," kata Kapolres Parigi Moutong AkBP Yudy Arto Wiyono di Parigi, Senin malam.


 


Ia menjelaskan, pada gelaran operasi ini lebih difokuskan pada keamanan, ketertiban, keselamatan berlalu lintas sebagaimana arahan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.


 


Dari giat ini, Polres setempat melibatkan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, TNI, Basarnas dan unsur lainnya atau pemangku kepentingan di daerah tersebut.


 


"Jumlah personel gabungan yang terlibat sekitar 333 orang terdiri dari 255 personel Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), dan Dinas Perhubungan masing-masing 26 personel, adapun Basarnas melakukan kegiatan patroli dan menjaga objek-objek vital," ucapnya.


 


Ia mengemukakan, dua Pos Pelayanan disiapkan juga sebagai tempat peristirahatan sementara atau rest area bagi pemudik, ini dimaksudkan supaya pelaku perjalanan bisa memulihkan kembali tenaga setelah perjalanan berjam-jam ke tempat tujuan.


 


Ia juga mengimbau pemudik supaya berhati-hati dalam berkendara, gunakan helm dan alat pelindung lainnya guna mengantisipasi hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan saat berkendara, termasuk mewaspadai bencana hidrometeorologi (longsor) pada jalur pegunungan.


 


"Biasakan berkendara mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan selalu mengedepankan safety riding. Bagi pemudik menggunakan roda empat utamakan keselamatan penumpang, jika merasa lelah segera menepi ke tempat aman untuk beristirahat sejenak," ujarnya.


 


Ia juga meminta personel bertugas agar mengedepankan sisi humanis dalam melayani masyarakat di lapangan, dengan harapan dapat tercipta sinergitas antara petugas dan masyarakat.


 


"Kami berharap situasi ini dapat berjalan dengan kondusif tanpa ada gangguan kamtibmas, supaya momen hari raya ini berjalan penuh hikmat," demikian Yudy.