Polres Parigi Moutong mengintensifkan patroli kamtibmas mudik Lebaran 2023

id Polisi, Polres Parimo, Kamtibmas, mudik lebaran, Idul Fitri, kapolresparimo, Yudy Wiyono, Sulteng, Parigi Moutong

Polres Parigi Moutong mengintensifkan patroli kamtibmas mudik Lebaran 2023

Kapolres Parigi Moutong, AKBP Yudy Arto Wiyono. ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Kepolisian Resor (Polres) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mengintensifkan patroli untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerah ini saat mudik Lebaran 2023.

"Upaya ini dilakukan untuk menghindari tindakan kriminalitas karena masyarakat sedang mudik Lebaran 2023," kata Kapolres Parigi Moutong AKBP Yudy Arto Wiyono di Parigi, Rabu.
 
Ia menjelaskan patroli melibatkan polsek jajaran, termasuk bhabinkamtibmas yang bertugas di wilayah masing-masing.
 
Sasaran patroli, katanya, objek vital, kawasan rawan kejahatan, pertokoan/pusat perbelanjaan, dan tempat keramaian lain yang sering dikunjungi masyarakat.
 
"Patroli ini merupakan bagian pengamanan Lebaran 2023 dengan sandi Operasi Ketupat Tinombala 2023," ujarnya.
 
Ia mengemukakan patroli kamtibmas merupakan kegiatan rutin, namun situasi menjelang Idul Fitri 1444 H kepolisian meningkatkan intensitas patroli sebagai bentuk komitmen menjaga suasana kondusif kamtibmas agar masyarakat nyaman melaksanakan ibadah.
 
Dia mengatakan pada awal Ramadhan, kepolisian melakukan operasi penertiban kenalpot bising sepeda motor, termasuk penertiban balap liar di jalan raya.
 
"Upaya-upaya ini dilakukan guna untuk menjaga kekhusyukan masyarakat beribadah," ucapnya.
 
Ia menambahkan dalam Operasi Ketupat Tinombala 2023 melibatkan sebanyak 333 personel gabungan yang terdiri atas 255 anggota Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Perhubungan masing-masing 26 personel.
 
Polres Parigi Moutong, katanya, menyiagakan 11 pos pelayanan dan pengamanan mudik Lebaran 2023 yang ditempatkan di titik-titik strategis di kabupaten itu.