Kemenkumham Sulteng tinjau Rutan Donggala pastikan pembinaan berjalan lancar

id Kemenkumham Sulteng ,Tinjau Rutan Donggala ,Pastikan pembinaan berjalan lancar ,Sulteng

Kemenkumham Sulteng tinjau Rutan Donggala pastikan pembinaan berjalan lancar

Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng Budi Argap Situngkir (tengah) meninjau makanan narapidana di Rutan Donggala, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Kamis (6/7/2023). ANTARA/HO-Humas Kemenkumham Sulteng.

Palu (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah meninjau Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Donggala, Kabupaten Donggala, guna memastikan pelayanan dan pembinaan berjalan lancar serta kondusif.
 
"Ini kami lakukan sebagai bagian dari upaya pemantauan dan pengawasan langsung untuk memastikan pembinaan, keamanan dan ketertiban (kamtib) berlangsung kondusif," kata Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng Budi Argap Situngkir di Palu, Kamis.
 
Dalam kesempatan itu, Kakanwil bersama jajaran meninjau berbagai proses layanan yang berada di Rutan Donggala, seperti pemeriksaan dapur, proses pembinaan dan memastikan sarana dan prasarana penunjang pengawasan keamanan dan ketertiban berjalan dengan baik.
 
Ia mengatakan agar Rutan Donggala dapat memastikan proses layanan dan pemenuhan hak kepada narapidana dapat terpenuhi dengan baik.
 
Menurut dia, seluruh proses pengolahan makanan harus dilaksanakan secara higienis, sesuai dengan standar yang ditetapkan.
 
"Pastikan kebersihan hingga pelayanan berjalan lancar, khususnya kualitas makanan yang diterima yang harus berstandar sesuai ketentuan," katanya.
 
Budi menyampaikan bahwa narapidana harus mendapatkan pembinaan yang benar-benar berguna bagi kemajuan mereka.
 
Sementara itu, Kepala Rutan Donggala Suwandi mengatakan pihaknya bertekad untuk intensif dalam meningkatkan proses pembinaan terhadap narapidana.
 
"Kami akan terus berupaya melakukan pembenahan, memastikan segala kebutuhan dan hak mereka semua terpenuhi dan bernilai mutu yang baik,” katanya.