Keluarga berperan penuhi hak anak atas pendidikan

id Paud,Pendidikan Sigi,Pemkab Sigi,Bunda Paud,Paud Sigi,Anak sigi,Sekda Sigi,Nuim Hayat

Keluarga berperan penuhi hak anak atas pendidikan

Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyatakan bahwa keluarga berperan penting dalam pemenuhan hak anak atas pendidikan.

"Iya, keluarga memiliki peran yang sangat penting terkait pemenuhan hak anak terhadap pendidikan," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat di Sigi, Kamis.

Ia mengatakan pemenuhan hak dan perlindungan anak merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk pemenuhan hak anak terhadap pendidikan.

Pemkab Sigi berupaya menyiapkan fasilitas, sarana, dan akses agar semua anak di daerah itu dapat mengenyam pendidikan secara layak untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada masa mendatang.

Salah satu fasilitas dan sarana pendidikan serta akses yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Sigi, yaitu pendidikan anak usia dini (PAUD).

"Tentu pemerintah terus berupaya melakukan perbaikan layanan dan penyelenggaraan PAUD agar anak-anak kita dapat mengakses PAUD," kata dia.

Ia mengatakan PAUD salah satu proses dan tahapan pendidikan yang penting dalam membentuk mental dan karakter anak untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

"Oleh karena itu melalui Gebyar PAUD Tahun 2023, Pemkab Sigi berharap momentum ini menjadi refleksi untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas layanan PAUD kepada masyarakat," ujar dia.

Pemkab Sigi terus berkolaborasi dengan pengurus PAUD tingkat kabupaten dalam upaya mengoptimalkan penyelenggaraan PAUD di semua desa di daerah tersebut.

Bunda PAUD Kabupaten Sigi Hazizah M. Irwan menyampaikan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah, orang tua, dan komunitas dalam menciptakan lingkungan belajar secara optimal bagi anak-anak usia dini.

"Dengan adanya dukungan penuh dari Pemda Sigi, diharapkan akan tercipta generasi muda yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi masa depan," kata dia.