Ihsan Basir: Jelajah bumi trikora jadi upaya promosi wisata Bangkep

id Pemkab Bangkep,Bupati Bangkep,Ihsan Basir,Wisata Bangkep,HUT Bangkep 2023

Ihsan Basir: Jelajah bumi trikora jadi upaya promosi wisata Bangkep

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir menyampaikan sambutan pada pelepasan peserta Jelajah Bumi Trikora VI (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Bangkep)

Banggai Kepulauan, Sulteng (ANTARA) - Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir mengemukakan kegiatan jelajah bumi trikora menjadi satu upaya mempromosikan potensi wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Banggai Kepulauan.

"Kegiatan jelajah bumi trikora memberikan dampak positif yaitu ikut serta dalam mempromosikan potensi wisata daerah," kata Ihsan Basir, di Banggai Kepulauan, di sela - sela pelepasan peserta Jelajah Bumi Trikora VI.

Kegiatan Jelajah Bumi Trikora VI, merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati hari jadi Kabupaten Banggai Kepulauan, yang pada tahun 2023 ini kabupaten tersebut telah berusia 24 tahun.

Dengan usia tersebut, ujar Ihsan Basir, Banggai Kepulauan menjadi satu daerah yang sedang berkembang. Dalam proses pengembangan daerah membutuhkan dukungan dan sinergi multi pihak.

Oleh karena itu, ia menilai, kegiatan Jelajah Bumi Trikora VI yang melibatkan masyarakat, merupakan sinergi untuk membangun daerah yang lebih baik di masa kini dan akan datang pada berbagai sektor.

"Salah satu sektor strategis dan potensial adalah sektor wisata, yang harus terus dipromosikan kepada masyarakat luas di tingkat nasional dan mancanegara," sebutnya.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai Kepulauan bahwa jumlah total kunjungan wisatawan nusantara tahun 2022 yakni 107.225 orang.

Banggai Kepulauan yang terletak di bagian timur Sulawesi Tengah dikenal sebagai salah satu daerah wisata. Potensi wisata Banggai Kepulauan juga menjadi andalan Sulteng, yang terus dipromosikan oleh Pemprov Sulteng ke tingkat nasional dan mancanegara.

Beberapa lokasi wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat dari dalam dan luar negeri yaitu Danau Paisu Pok terletak di Desa Luk Panenteng, Kecamatan Bulagi Utara, Permandian Desa Kautu di Kecamatan Tinangkung, Pantai Tebeabul di Desa Bakalan Kecamatan Tinangkung, Teluk Pompon di Desa Lalong, Kecamatan Tinangkung Utara, Pantai Mandel Desa Palam, Kecamatan Tinangkung Utara, Bone Oluno di Desa Abason dan Bone Pololoba di Desa Lopito di Kecamatan Totikum.

Di Danau Paisu Pok, pengunjung dapat melakukan snorkeling, diving, naik perahu untuk menikmati keindahan alam danau tersebut. Di samping itu, pengunjung dapat menikmati kuliner khas lokal yaitu ubi Banggai, sinole dan ikan bakar. Danau Paisu Pok panorama alamnya alami dan masih terjaga.

Kemudian, spot wisata Pantai Poganda di Kecamatan Bulagi Utara. Di sini pengunjung dapat menikmati pasir putih, panorama laut dan hamparan pulau serta juga menyaksikan matahari terbenam (sunset).

Di samping itu, Banggai Kepulauan juga menawarkan spot wisata Danau Alani dan Danau Lemelu di Kecamatan Bulagi Selatan. Dua danau ini sangat menarik dan memiliki data tarik tersendiri, terletak di kawasan pegunungan. Di objek wisata ini pengunjung dapat melihat langsung aktivitas kehidupan masyarakat Suku Seasea yang terjaga keaslian peradaban budayanya.
Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir melepas peserta Jelajah Bumi Trikora VI (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Bangkep)