KRI Lepu-861 selamatkan enam ABK kapal tenggelam di perairan Kepri

id Kapal tenggelam

KRI Lepu-861 selamatkan enam ABK kapal tenggelam di perairan Kepri

Enam ABK KLM. Alinza III karam di Perairan Tanjung Datu, Provinsi Kepri, berhasil dievakuasi oleh KRI Lepu-861 ke Lanal Tanjung Balai Karimun, Sabtu (13/1/2024) dinihari. (ANTARA/HO-Dispen Koarmada I)

Tanjungpinang (ANTARA) - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Lepu-861 berhasil menyelamatkan enam anak buah kapal (ABK) KLM. Alinza III yang karam di perairan Tanjung Datu, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Kapal itu tujuan dari Pulau Kijang ke Kota Batam, dengan muatan kelapa jambul sebanyak 172 ton," kata Komandan KRI Lepu-861 Mayor (P) Zul Supri Nazara, di Tanjung Balai Karimun, Kepri, Sabtu (13/1).

Mayor Zul menjelaskan kronologis kejadian bermula ketika KRI Lepu-861 mendapatkan informasi bahwa ada kapal tenggelam di sekitar perairan Tanjung Datu, Jumat (12/1), sekitar pukul 23.12 WIB. Jarak lokasi kejadian dengan KRI Lepu-861 sekitar 45 nanometer.

Selanjutnya, kata dia, KRI Lepu-861 sekitar pukul 23.30 WIB langsung bergerak menuju lokasi untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan dengan kondisi cuaca angin berkecepatan 20 knot dan cuaca bergelombang.

Mayor Zul dan jajaran KRI Lepu-861 akhirnya berhasil menemukan lokasi kapal tenggelam, yakni KLM. Alinza III pada pukul 01.30 WIB, Sabtu (13/1).

"Seluruh ABK KLM Alinza III berhasil dievakuasi dalam keadaan sehat," ungkap Mayor Zul.

Setelah itu, lanjutnya, KRI Lepu-861 mengevakuasi para ABK tersebut ke pangkalan terdekat, yaitu Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun.

"Keenam ABK kapal itu kita serahkan ke Lanal Tanjung Balai Karimun," demikian Mayor Zul.