Pemkot Palu libatkan instansi teknis atasi dampak kebakaran Pasar Masomba

id Pemkot Palu,Tinjau pasar Masomba ,Pasar Masomba terbakar ,Sulawesi Tengah ,Kota Palu

Pemkot Palu libatkan instansi teknis atasi dampak kebakaran Pasar Masomba

Jajaran Pemerintah Kota Palu meninjau Pasar Masomba yang terbakar pada Jumat (19/4) malam di Kota Palu, Sulteng, Senin (22/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah melibatkan instansi teknis untuk mengatasi beberapa persoalan menyusul terbakarnya Pasar Masomba, di Jalan Tanjung Dako, Kecamatan Palu Selatan pada Jumat (19/4), pukul 23.30 WITA.

Sekretaris Daerah Kota Palu Irmayanti Petalolo saat meninjau lokasi pasar itu, di Palu, Senin, mengatakan agar seluruh pihak terkait seperti instansi teknis untuk segera menangani pasar setelah kebakaran, mulai dari proses pendataan bangunan hingga pada proses pembersihan puing-puing usai kebakaran.
 
"Semua proses ditangani sesegera mungkin, sehingga nantinya bisa dipergunakan kembali oleh warga terdampak untuk berjualan sementara," kata Irmayanti.
 
Ia mengatakan gerak cepat diperlukan dari jajaran Pemkot Palu untuk menangani Pasar Masomba setelah kebakaran tersebut, sehingga masyarakat khususnya para pedagang masih dapat berjualan di lokasi tersebut.
 
Menurut dia, hal ini penting segera dilakukan sembari menunggu revitalisasi pembangunan kembali lokasi Pasar Masomba yang terbakar.
 
Pada kesempatan itu, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palu Imran Lataha menyampaikan bahwa para pihak terkait di jajaran Pemkot Palu telah melaksanakan rapat koordinasi pasca-kebakaran di Pasar Masomba.
 
"Hasil rapat tersebut disepakati lokasi pasar yang terkena dampak kebakaran segera dibersihkan oleh padat karya dari lima kelurahan di wilayah Palu Selatan," ujarnya.
 
Ia mengatakan usai pembersihan, maka langsung dilaksanakan penyemprotan terhadap sisa kebakaran agar lokasi kebakaran terlihat bersih kembali.
 
Sementara itu, kata dia, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) akan melaksanakan pendataan bangunan yang terdampak. Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat melaksanakan evaluasi bangunan untuk model bangunan pasar yang akan dibangun ke depannya.
 
Dinas Sosial Kota Palu juga memberikan bantuan kepada masyarakat atau pedagang yang terkena dampak kebakaran. Selanjutnya, Satpol PP bersama kepolisian dan TNI juga ikut mendampingi dalam melaksanakan pengamanan di lokasi kebakaran.