Sebanyak 300 mahasiswa jadi penggerak moderasi beragama

id Moderasi beragama, UIN Palu, perguruan tinggi, mahasiswa, Sulawesi Tengah, sulteng

Sebanyak 300 mahasiswa jadi penggerak moderasi beragama

Pelatihan moderasi beragama bagi mahasiswa di Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu yang berlangsung di Kota Palu, Rabu (12/6/2024). ANTARA/HO-Humas UIN Datokarama

Palu (ANTARA) -
Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama melatih 300 mahasiswa untuk menjadi penggerak moderasi beragama di lingkungan kampus maupun di lingkungan sosial.
 
Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Datokarama Sidik Ibrahim dalam kegiatan pelatihan tersebut di Kota Palu Rabu mengemukakan bahwa moderasi beragama merupakan satu prioritas pemerintah khususnya Kementerian Agama (Kemenag), yang salah satu tujuannya untuk membangun masyarakat moderat.
 
"Pelatihan penggerak moderasi beragama merupakan tindak lanjut dari program prioritas tersebut," ujarnya.
 
Kegiatan itu melibatkan sejumlah narasumber di antaranya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Faisal Attamimi yang juga sebagai instruktur nasional moderasi beragama, dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah Zainal Abidin.
 
Yang mana kegiatan ini juga bagian dari tindak lanjut visi UIN Datokarama di antaranya yaitu menjadikan UIN sebagai kampus moderasi beragama.
 
Ia mengatakan di lingkungan Fakultas Ushuluddin terdapat sekitar 1.800 orang mahasiswa yang akan dilatih untuk menjadi penggerak moderasi beragama, dan 300 mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan ini merupakan tahap awal.
 
"Program prioritas ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan, tidak hanya dalam bentuk pelatihan. Melainkan juga dalam bentuk kegiatan-kegiatan lainnya dan dalam perkuliahan," ucap Sidik.
 
Diharapkan melalui kegiatan ini terbangun persepsi atau pemahaman yang sama di tingkat mahasiswa mengenai moderasi beragama.
 
"Karena mereka ini akan menjadi penggerak, menjadi contoh bagi adik tingkat mereka untuk di lingkungan kampus, sekaligus menjadi pelopor moderasi beragama di lingkungan sosial kemasyarakatan," sebutnya.
 
Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Datokarama Palu Faisal Attamimi mengatakan penguatan kapasitas mahasiswa perlu dilakukan, dan kegiatan pelatihan ini bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan kampus.
 
Pelatihan penggerak moderasi beragama harus dilaksanakan secara berkelanjutan bagi setiap fakultas, pascasarjana, lembaga, dan unit-unit lainnya di lingkungan UIN Datokarama.
 
Dalam memperkuat muatan moderasi beragama terdapat beberapa pesan dasar yang perlu terus digaungkan meliputi, menjaga keselamatan jiwa, menjunjung tinggi keadaban mulia, menghormati harkat martabat kemanusiaan.
 
Berikutnya, memperkuat nilai moderat, mewujudkan perdamaian, menghargai kemajemukan, dan menaati komitmen kebangsaan.
 
"Moderasi beragama bukan upaya memoderasi agama, melainkan memoderasi pemahaman dan pengamalan dalam beragama. Cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa," katanya.