Pemkab Morowali Utara raih penghargaan UHC dari pemerintah pusat

id BPJS kesehatan, UHC, pemkabmorut, Delis Hehi, bupatimorut, JKN, Morowali Utara, Morut, Sulteng

Pemkab Morowali Utara raih penghargaan UHC dari pemerintah pusat

Ilustrasi - Bupati Morowali Utara Delis J Hehi berfoto dan menyapa pasien yang menunggu giliran untuk diperiksa pada kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Kolonodale. ANTARA/HO-MCDD

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Morowali Utara kembali meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan pelayanan BPJS Kesehatan dari pemerintah pusat yang diserahkan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Jakarta.
 
"Apresiasi diberikan pemerintah pusat melalui penghargaan UHC adalah bentuk komitmen kami dalam memberikan perlindungan sosial kesehatan lewat layanan BPJS Kesehatan," kata Bupati Morowali Utara Delis J Hehi melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Palu, Kamis.
 
Ia menjelaskan predikat ini diraih kedua kalinya setelah sebelumnya tahu 2022, yang mana cakupan warga yang telah terlindungi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pemda tersebut telah mencapai angka di atas 100 persen, dari total jumlah penduduk Morowali Utara 148.274 jiwa tahun 2023.
 
Atas prestasi ini ia mengajak seluruh jajaran terus meningkatkan pelayanan publik di semua sektor, supaya masyarakat merasakan bahwa pemda betul-betul hadir untuk menjembatani dalam menyelesaikan beragam persoalan.
 
"Penghargaan ini kami dedikasikan bagi warga Morowali Utara. Kesuksesan ini juga tidak terlepas dari kolaborasi semua pihak yang berkepentingan di daerah, terkhusus BPJS Kesehatan," ujarnya.
 
Menurut dia, kesehatan merupakan salah satu sektor penting dalam aspek pembangunan daerah, sebab tanpa perlindungan dan jaminan atas pelayanan kesehatan sulit mencapai tujuan kesejahteraan rakyat dan kemakmuran ekonomi.
 
Di satu sisi sektor kesehatan merupakan salah satu program prioritas pembangunan di masa kepemimpinan Delis J Hehi dan Djira sebagai bupati dan wakil bupati.
 
"UHC sejalan terhadap visi besar daerah dengan slogan Kabupaten Morowali Utara yang sehat, cerdas dan sejahtera dapat terwujud sebagaimana telah dituangkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD)," tutur Delis.
 
Ia mengajak jajarannya menjadikan prestasi ini sebagai penyemangat dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan pelayanan yang prima.
 
Pada acara penyerahan penghargaan itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengapresiasi pencapaian target Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia yang telah menjangkau 98 persen dari total populasi.
 
"Pencapaian ini tidak lepas dari peran sinergi dan kolaborasi yang solid antara BPJS Kesehatan, kementerian/lembaga, dan seluruh pemerintah daerah," ujarnya.
 
UHC merupakan konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, dan bermutu tanpa adanya hambatan finansial.
 
Di Indonesia, UHC ini diwujudkan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).