KPU Kabupaten Sigi tunggu hasil tes kesehatan bakal calon dari RSUD Undata

id Kpu Sigi ,Sulawesi Tengah ,Komisi Pemilihan Umum ,Pilkada,Bapaslon

KPU Kabupaten Sigi tunggu hasil tes kesehatan bakal calon dari RSUD Undata

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi Soleman. ANTARA/MOH SALAM

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menunggu hasil tes kesehatan empat bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024 dari Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi Soleman di Maku, Selasa, mengatakan proses pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon sudah selesai dilakukan di RSUD Undata selama dua hari pada tanggal 1–2 September 2024.

"Jadi, terkait proses pendaftaran dan pemeriksaan persyaratan setelah diterimanya dokumen itu telah dilakukan pemeriksaan kesehatan seluruh bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati selama dua hari. Hasil pemeriksaan kesehatan itu kami tunggu dari pihak RSUD Undata agar nantinya hasil itu kami sampaikan kepada seluruh bakal pasangan calon untuk diumumkan," kata Soleman.

Ia mengemukakan nantinya hasil pemeriksaan kesehatan tersebut menjadi dasar selanjutnya bagi KPU Sigi sebelum penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2024.

"Jika ada hasil pemeriksaan kesehatan ditemukan dan berdasarkan tes kesehatan pihak rumah sakit bahwa ada bakal pasangan calon tidak memenuhi syarat kesehatan maka kami menyampaikan itu untuk segera melakukan perbaikan, misal mengganti pasangan calonnya dengan yang baru," ucapnya.

Kata dia, penggantian bakal pasangan calon itu akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dokumen persyaratan kembali oleh KPU Sigi.

"Jika mengganti pasangannya maka sesuai PKPU akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan dokumen persyaratan. Saat ini tahapannya adalah verifikasi seluruh dokumen syarat calon yang sudah disampaikan bakal pasangan calon, itu kami verifikasi dari tanggal 29 Agustus sampai 6 September 2024," ujarnya.

Selama verifikasi dokumen syarat calon tersebut maka akan dilanjutkan masa perbaikan oleh bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati.

"Masa perbaikan itu mulai tanggal 6 sampai 8 September 2024, hasil perbaikan itu akan dilanjutkan pemeriksaan dokumen dari tanggal 8 sampai 14 September sehingga proses pengumuman atas hasil secara keseluruhan verifikasi dokumen serta masukan dan tanggapan masyarakat hingga tanggal 21 September mendatang, " tuturnya.

Bakal pasangan calon yang melakukan pemeriksaan kesehatan dari Kabupaten Sigi tanggal 1 September 2024, yaitu Nirwansyah Parampasi dan Hesty Yulita, Rizal Injtenae dan Samuel Yansen Pongi, serta Husen Habibu dan Ajub Willem Darawia.

Selanjutnya tanggal 2 September 2024, bakal pasangan calon yang melakukan pemeriksaan kesehatan ialah Agus Lamakarate dan Samuel Riga.