Gubernur Sulteng harapkan AICIS berjalan lancar

id IAIN ,AICIS

Gubernur Sulteng harapkan AICIS berjalan lancar

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Zainal Abidin MAg didampingi Gubernur Sulteng Drs Longki Djanggola MSI menyambut kedatangan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu (Muhammad Hajiji/antarasulteng.com)

Palu, (Antaranews Sulteng) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola berharap konferensi internasional bertajuk "Annual International Conference on Islamic Studies" (AICIS) ke 18 berjalan lancar.

"Semoga konferensi AICIS berjalan lancar,, aman dan sukses," ucap Longki Djanggola terkait pelaksanaan AICIS ke-18 oleh IAIN Palu, Jumat malam.

Longki Djanggola juga mengatakan bahwa semoga AICIS  bermanfaat buat umat Islam.

IAIN Palu menjadi tuan rumah penyelenggara konferensi internasional tersebut setelah mendapat kepercayaan dari Kementerian Agama. Kegiatan itu akan dilaksanakan sejak tanggal 17 - 20 September 2018.

Kepercayaan yang diberikan Kemenag kepada IAIN Palu sebagai tuan rumah penyelenggaran kegiatan berskala nasional itu lewat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor : 7051 Tahun 2016 tentang tuan rumah pelaksana AICIS ke-17 tahun 2017.

Hal itu tidak terlepas dari peran Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Gubernur Sulteng Longki Djanggola memberikan rekomendasi dukungan kepada IAIN Palu yang saat itu dipimpin oleh Rektor Prof Dr H Zainal Abidin MAg.

Prof Zainal Abidin melibatkan Dr H Muhtadin Dg Mustafa dengan bermodalkan dukungan Gubernur Sulteng Longki Djanggola membawa IAIN Palu bersaing dengan IAIN Palangkaraya, UIN Sumatera Utara Medan, IAIN Banten untuk menjadi tuan rumah AICIS 2017. Dalam perjalanannya  IAIN Palangkaraya dan Banten tidak siap untuk menjadi tuan rumah.
 
Prof Zainal Abidin, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Dr H Muhtadin Dg Mustafa, Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta, Ketua DPRD Sigi Rizal Intjenai, dan Dr H Sofyan Bachmid, bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres pada Senin 31 Agustus 2017. (Antaranews Sulteng/istimewa) (Antaranews Sulteng/istimewa/)


IAIN Palu berhasil mendapat kepercayaan Pemprov Sulteng dan Kemenag untuk menyelenggarakan AICIS setelah melihat kinerja baik oleh Prof Zainal Abidin MAg dan Dr Muhtadin Dg Mustafa sukses menyelenggarakan Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) diikuti seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. 

Tidak hanya itu,  PIONIR   yang selenggarakan juga diselingi dengan perolehan rekor muri pembacaan Surah Yasiin sepanjang 45 kilo meter di pesisir pantai Teluk Palu.

AICIS direncanakan akan di buka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, di Mercure Hotel Palu pada Selasa 18 September 2018. Menag Lukman direncanakan akan datang di Palu tanggal 17 September puk 15.30 wita.

Dimasa Prof Zainal Abidin MAg memimpin IAIN Palu, AICIS direncanakan dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Prof Zainal Abidin MAg, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Dr H Muhtadin Dg Mustafa, Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta, Ketua DPRD Sigi Rizal Intjenai, dan Dr H Sofyan Bachmid, bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres pada Senin 31 Agustus 2017.