Tim Nurani Astra berikan terapi trauma pascabencana

id Astra Agro Lestari,bencana palu,trauma healing

Tim Nurani Astra berikan terapi trauma pascabencana

Tim Nurani Astra memberikan terapi trauma kepada anak-anak korban bencana alam Sulteng di lokasi pengungsian (Antaranews Sulteng/Humas AAL)

Palu (Antaranews Sulteng) - Setelah melewati periode evakuasi, Tim Nurani Astra yang tengah mengerahkan bantuan kepada para korban bencana di Sulawesi Tengah, kini mulai memasuki masa rehabilitasi. 

"Selain donasi berupa logistik dan infrastruktur, terapi yang dapat mendorong korban agar bangkit dari keterpurukan juga sangat diperlukan," kata Teguh Ali, anggota relawan Posko Nurani Astra Jalan Garuda, Palu. 

Menurut relawan yang sekaligus Community Development Area Manager Celebes Satu itu, tim memberikan terapi trauma healing pada para korban yang merupakan upaya pemulihan setelah para korban mengalami gempa, tsunami maupun likuifaksi. 

Tim berupaya menanamkan keyakinan tentang bahagia, gembira, menghilangkan ketakutan maupun kesedihan. Kegiatan ini dilakukan mengingat di posko-posko pengungsian banyak sekali anak-anak, bahkan orang dewasa yang trauma dan takut untuk kembali tinggal di rumah mereka.

Suasana duka juga masih menyelimuti mereka yang shock melihat rumah maupun sekelilingnya porak-poranda.

Beberapa lokasi tempat kegiatan tersebut adalah titik-titik pengungsian di Jono Oge, Pantoloan dan Kawatuna. 

Baca juga: Grup Astra salurkan bantuan untuk korban bencana Sulteng
Baca juga: Astra Agro kembali raih penghargaan CSR terbaik

Dalam kegiatan ini, Nurani Astra melibatkan tim Exbe, konsultan pengembangan Sumber Daya Manusia non-teknis yang biasa memberikan training dan couching menggunakan metode disiplin 3M (Moral, Mental, Motivasi). 

Selain dapat melepaskan diri dari trauma, kegiatan yang dilakukan itu juga bertujuan agar para korban kembali bersemangat untuk beraktivitas seperti biasa walaupun situasi di posko pengungsian sangat terbatas.

Pada periode rehabilitasi ini, Nurani Astra juga melakukan perbaikan beberapa sarana penunjang bagi warga di lokasi pengungsian. Misalnya memasok air bersih, penyediaan sarana MCK (mandi, cuci, kakus) serta donor darah. 

Donor darah dilakukan oleh anak-anak perusahaan perkebunan kelapa sawit Grup Astra Agro Lestari yang terletak di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, seperti PT Letawa, PT Lestari Tani Teladan, PT Pasangkayu, PT Mamuang, PT Suryaraya Lestari 1, dan PT Tanjung Sarana Lestari.  

Dari kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) itu terkumpul 233 kantong darah yang berasal dari sumbangan dan partisipasi karyawan Grup Astra Agro Lestari (AAL).
 
Tim Nurani Astra bekerja sama PMI menggelar donor darah untuk korban bencana alam Sulteng (Antaranews Sulteng/Humas AAL)