Grup Astra salurkan bantuan untuk korban bencana Sulteng

id gempa,tsunami,Astra

Grup Astra salurkan bantuan untuk korban bencana Sulteng

Tim pertama Astra Grup yang tiba di Palu 30 September 2019 untuk membawa bantuan bagi korban bencana Sulteng lewat program Nurani Astra (Antaranews Sulteng/Humas AAL)

Palu (Antaranews Sulteng) - Grup Astra sejak 1 Oktober 2018 intens menyalurkan bantuan kepada para korban gempa, tsunami dan pencairan tanah (likuifaksi) yang melanda Kota Palu, Kabupaten Sigi dan kabupaten Donggala pada 28 September 2018.

Bantuan berupa bahan makanan, minuman, dan lauk pauk yang mudah disajikan itu mulai tiba di lokasi sejak 30 September.

Bantuan tahap pertama tersebut diserahkan melalui program Nurani Astra ke 13 titik yang tersebar di daerah bencana.

"Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang berduka karena terdampak gempa maupun tsunami di Palu, Donggala dan Sigi,” kata Dony Yoga Perdana, Direktur Finance area Sulawesi PT Astra Agro Lestari Tbk (AAL).

Selain AAL yang merupakan bagian dari Grup Astra, bantuan juga berasal dari anak-anak usaha PT Astra International Tbk lainnya seperti FIF, United Tractors, TRAC, Sigap, Bank Permata, Astra Buana, ACC serta Astra Honda Motor.


"Keluarga besar Grup Astra menyampaikan duka yang mendalam,” ujarnya.

Ia berharap kondisi segera pulih dan masyarakat bersama dunia usaha kembali bangkit bersama membangun Sulawesi yang kawasannya sangat indah dan penuh potensi untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.

PT Astra Agro Lestari Tbk yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan beroperasi di Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah juga mengerahkan alat-alat berat dari kebun-kebun sawit di Sulawesi untuk membantu pencarian para korban yang tertimbun reruntuhan bangunan.

Guncangan gempa dengan magnitudo 7,4 pada skala Richter itu merontokkan banyak bangunan yang diduga masih menimbun banyak orang di bawahnya.

Petugas dan regu penolong berupaya semaksimal mungkin menyelamatkan korban. Karena itu diperlukan alat-alat berat untuk memindahkan tumpukan puing-puing agar korban dapat dievakuasi semaksimal mungkin.

Di samping alat berat, bantuan yang juga sangat dibutuhkan para pengungsi dan telah diserahkan Grup Astra adalah genset dan alat-alat penerangan.

Upaya meringankan masyarakat terdampak bencana di Sulteng ini akan terus dilakukan sebagai wujud kepedulian Grup Astra terhadap sesama.

Untuk memudahkan koordinasi, Grup Astra juga telah mendirikan posko di kantor perwakilan PT Astra Agro Lestari Tbk.
Astra Grup juga mengerahkan alat-alat beratnya untuk kegiatan pencarian dan penyelamatan korban yang tertimbun reruntuhan bangunan. (Antaranews Sulteng/Humas AAL)