Tujuh aplikasi game yang bertema Ramadhan

id Aplikasi game,game seluler,game mobile,game Ramadhan

Tujuh aplikasi game yang bertema Ramadhan

Tujuh aplikasi game bertema Ramadhan (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Saat Ramadhan sejumlah pengembang game memperbarui aplikasi mereka, atau bahkan merilis aplikasi baru untuk menghadirkan nuansa khas Ramadhan.

Mulai dari berjualan takjil, seperti kolak dan cendol, hingga memungkinkan pemain membuat bunyi-bunyian dan membangunkan sahur, menjadi sejumlah pilihan ide yang dihadirkan para pengembang game.

Terlebih, karena Ramadhan kali ini berbeda dengan harus tetap di rumah saja guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Tujuh game berikut dapat digunakan untuk mengisi waktu luang tanpa kehilangan momen khas Ramadhan, seperti ngabuburit dan sahur.

1. Kolak Express Ramadhan
Game yang dikembangkan oleh Gambir Game Studio ini unik dan seru. Pemain memiliki misi untuk berjualan kolak, dan juga aneka makanan takjil lainnya, seperti kurma, tempe goreng, bakwan, klepon, onde-onde dan getuk.

Hasil jualan dapat ditabung untuk pergi naik haji, membangun mushala, membangun masjid sampai membangun pesantren. Tidak hanya itu, game yang diunduh lebih dari 100 ribu kali dan mengantongi 4,3 bintang itu juga memiliki grafik yang baik.

"Kolak Express Ramadhan" juga hadir lengkap dengan audio, seperti komentar "Terimakasih lho mbak kolaknya," ataupun komentar seperti "kok lama sih," "jangan lama-lama lho mbak," saat Anda tidak gesit melayani pesanan pembeli.
 
Hasil tangkap layar aplikasi "Kolak Express Ramadhan" (Google Play Store)


2. Ramadhan Cooking Challenges
Pada aplikasi game ini, Anda akan diberikan tantangan 30 hari untuk memasak aneka macam hidangan, mulai dari gorengan, jus buah, sup, burger, pizza, yang masing-masing dilakukan secara berjenjang.

Jika menu makanan tidak membawa ciri khas Ramadhan, pengembang game kids GameOn memberi sentuhan islami pada pembeli dan chef yang mengenakan jilbab dan peci. Aplikasi ini telah diunduh lebih 50.000 unduhan dan mengantongi 4.0 bintang.

3. Toko Kue Ramadan
Aplikasi ini dapat diunduh dan dimainkan secara gratis. Semua fitur standar bisa dimainkan secara gratis, namun ada beberapa fitur yang hanya dapat dimainkan jika Anda membeli versi penuhnya.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 50.000 kali itu juga menayangkan iklan, sehingga jika Anda tidak suka dengan iklan yang mucnul, Anda bisa memberli versi penuhnya.

Sayangnya, tidak seperti judulnya, aplikasi ini hanya berjualan cake, bukan kue-kue kering khas Lebaran. Namun, Anda dapat menghias kue dengan 80 pilihan topping kue, serta tambahan lilin untuk mempercantik kue.

4. Tahu Bulat Spesial Ramadhan
Spesial Ramadhan, game ini tidak hanya berjualan tahu bulat, tetapi juga berjualan kolak dan cendol. Anda dapat berjualan cendol sambil ngabuburit, membuat resep kolak sendiri dan menentukan harganya untuk dijual.

Game yang diperbarui pada 25 April lalu itu juga mempunyai konten baru, yaitu membangunkan penduduk untuk sahur setiap subuh. Seperti pada game Tahu Bulat, Anda dapat menghasilkan pendapatan untuk meningkatkan bisnis dan berkompetisi.

Sejak dirilis pada 14 Mei 2016, game Tahu Bulat milik pengembang Own Games itu telah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan rating 4,1 bintang.

5. Princess Abeera Hijab Dress Up
Jika bosan dengan game masak-masakan, Anda bisa mengunduh game fesyen jilbab ini. Anda dapat menandani orang dengan pilihan jilbab keren, lengkap dengan pilihan gaun modern yang syar'i.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 50.000 kali dan mendapat rating 3,8 ini juga dilengkapi fitur make up dan aksesoris, seperti kalung, gelang dan kacama, serta pilihan sepatu.


6. Gebyar Sahur
Game ini terbilang unik karena Anda dapat membuat suara untuk membangunkan orang sahur.

Terdapat sejumlah pilihan alat musik, mulai dari kentongan, ember, botol, sampai panci. Aplikasi yang dirilis pada Ramadhan tahu lalu itu mengantongi lebih dari 5.000 unduhan dan mendapat bintang 3.5.
 

7. Patrol Sahur
Game ini cukup menyenangkan, diadopsi dari game Tahu Bulat, game ini menggunakan teknik permainan "Tap to" pada layar. Peraturan game ini juga cukup seru Anda bertugas sebagai petugas ronda yang membangunkan warga saat jam sahur tiba.

Jam-jam tertentu Anda harus siap siaga untuk membangunkan warga demi mendapatkan pencapaian poin tertinggi. Ketika poin sudah terkumpul banyak, Anda dapat menggunakannya untuk upgrade alat-alat patroli guna membangunkan warga. Tapi, Anda juga harus berhati-hati karena terkadang ada maling yang mencoba masuk rumah warga.

Game ini telah diunduh lebih dari 10.000 kali dan mengantongi 3.9 bintang.

Seluruh aplikasi di atas dapat diunduh gratis di Google Play Store.