Ini survey terbaru, Delis-Djira 66,75 persen, Handal 32,25 persen

id Delis-djira, pilkada morut, kolonodale

Ini survey terbaru, Delis-Djira 66,75 persen, Handal 32,25 persen

Delis Hehi dan Holiliana bersalam komando di RSU Undata Palu, Selasa (8/9) (ANTARA/HO-Michail)

Elektabilitas Delis-Djira semakin sulit dikejar oleh kandidat lain
Palu (ANTARA) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Morowali Utara (Morut) Sulawesi Tengah, Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS dan H. Djira K. SPd, MPd, hampir dipastikan akan memenangi pilkada  pada 9 Desember ini.

Dalam survei terbaru yang dilakukan Parameter Survey Indonesia Makassar periode 28 November - 3 Desember 2020, kandidat yang biasa disebut pasangan D1A (Delis-Djira) menempati posisi teratas dengan meraih 66,75 persen, sedangkan pasangan Holiliana-Abudin 32,25 persen. 1 persen responden tidak menjawab.

"Dengan angka ini, pasangan D1A semakin sulit dikejar. Perbedaannya cukup jauh," jelas Direktur Parameter Durvey Indonesia, Adri Nugraha Pratama.

Dalam releasenya semalam, Adri menjelaskan survei ini dilakukan dengan penarikan sampel secara acak terhadap 400 responden dengan metode multistage random sampling, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar 5 persen.

Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka langsung menggunakan kuesioner. 

Menurutnya, quality control terhadap hasil wawancara ini dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check).

"Dalam quality control tersebut tidak ditemukan kesalahan berarti," ujarnya.

Ketika dilakukan survei, lanjut Adri, kepada para responden tersebut diajukan pertanyaan "seandainya pemilihan langsung Bupati dan Wakil Bupati Morut dilaksanakan pada hari ini, siapa yang akan bapak/ibu pilih?"

Dari pertanyaan itu sebanyak 66,75 persen menyatakan akan memilih pasangan Delis-Djira, dan sisanya 32,25 persen memilih Holiliana-Abudin. Sisanya 1 persen tak menjawab.

Saat ditanyakan lagi apakah pilihan bapak/ibu masih bisa berubah? Sebanyak 65 persen menyatakan tidak akan berubah, dan sisanya 35 persen menjawab masih bisa berubah.

"Dengan gambaran ini agak sulit untuk mengejar tingkat keterpilihan pasangan Delis-Djira," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, dari beberapa kali survei sebelumnya, tingkat popularitas dan elektabilitas pasangan Delis-Djira terus naik.

"Salah satu faktor yang mendukung adalah visi misi paslon Delis-Djira yang pro-rakyat dan rekam jejak keduanya yang cukup baik," tambah Adri Nugraha Pratama.
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar