Pemkab Sigi refocusing APBD 2021 untuk penanganan COVID-19

id Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Mohammad Irwan Lapatta,Vaksin COVID-19,Pencegahan COVID,Covid

Pemkab Sigi refocusing APBD 2021  untuk penanganan COVID-19

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah, akan merefocusing anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2021 yang diperuntukan untuk penanganan COVID-19.

"Nanti ini masuk di Februari kita merefocusing anggaran lagi," ucap Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, di Sigi, Rabu.

Mohammad Irwan mengemukakan Pemkab Sigi mulai mempersiapkan pelaksanaan refocusing anggaran pada bulan Januari ini.

Refocusing APBD tahun anggaran 2021, kata Bupati, terkait anggaran pembangunan yang difokuskan pada penanganan COVID untuk kesehatan dan keselamatan bersama.

"Refocusing ini terkait anggaran-anggaran pembangunan yang ditarik dari pembangunan lainnya, untuk dimasukan dalam penanganan kesehatan," ujarnya.

Bahkan, kata Irwan, refocusing itu sebagai penyiapan anggaran yang kemungkinan dapat pula digunakan untuk pembelian vaksin COVID-19.

"Tapi ini kita belum ketahui secara pasti, apakah vaksin COVID-19 nanti akan dibeli atau tidak. Cuman yang pasti anggaran penanganan virus corona itu didorong melalui refocusing anggaran," ungkap Bupati.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah menerima vaksin COVID-19 yang dikirim oleh pemerintah pusat pada Selasa (5/12).

Sebanyak 11 ribu dosis vaksin COVID-19, telah tiba di Palu dan saat ini berada di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah. Pengangkutan vaksin dari Bandar Udara Mutiara Sis Aljufir Palu ke Gedung Instalasi Farmasi Dinkes Sulteng mendapat pengawalan ketat dari Direktorat Polisi Lalu Lintas dan Satuan Brimob Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah.