Pemkab Sigi: Pasar Ramadhan mudahkan warga perolehan bahan pokok

id Pasar ramadhan sigi,Pemkab Sigi,Bupati sigi,Roa,Islamic relief

Pemkab Sigi:  Pasar Ramadhan mudahkan warga perolehan bahan pokok

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sigi Adry DM Singi meninjau pasar Ramadhan di Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, Sigi, Rabu (21/4/2021). ANTARA/Muhammad Hajiji

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengemukakan keberadaan pasar Ramadhan akan memudahkan warga mendapatkan kebutuhan pokok.

"Pemerintah mendukung upaya yang dilakukan berbagai pihak memulihkan ekonomi masyarakat, seperti pasar Ramadhan yang digagas Islamic Relief dan Roa Sulteng," ucap Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sigi Adry DM Singi di Sigi, Sulteng, Rabu.

Adry mengemukakan pada Ramadhan, permintaan kebutuhan pokok meningkat yang kemudian berujung pada naiknya harga.

"Oleh karena itu, salah satu tujuan dari pasar Ramadhan ini untuk membantu masyarakat memperoleh kebutuhan bahan pokok," sebutnya.

Selain itu, kata Adry, pasar Ramadhan juga membantu pemerintah dalam hal pemulihan ekonomi warga utamanya ibu rumah tangga.

Karena itu, Adry mengimbau kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Sigi Biromaru untuk memanfaatkan pasar Ramadhan dengan baik.

"Berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebihan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Sigi Kaharuddin mengemukakan pasar Ramadhan menjadi satu bentuk pemberdayaan perempuan yang bertepatan dengan momentum Hari Kartini.

"Kami mendukung pasar Ramadhan ini, sebagai upaya memulihkan dan memberdayakan kelompok perempuan," ujarnya.

Dia menguraikan bahwa di Sigi terdapat 28.000 lebih UMKM skala kecil dan sedang, termasuk industri rumahan yang dikelola oleh para perempuan dan ibu rumah tangga.

Dari 28.000 UMKM itu, sebut dia, 100 UMKM produknya sudah memiliki katalog atau sudah memiliki kemasan sendiri, merek, dan alamat.

Bahkan, ujar dia, sebagian dari produk UMKM Sigi telah merambah ke pasar-pasar modern seperti swalayan dan mal.