Pemkab Sigi-Pemprov Sulteng bahas pembangunan jalan Sigi Kota-Gumbasa

id pemkab sigi,bupati sigi,mohamad irwan,dinas bina marga,jalan sigi kota

Pemkab Sigi-Pemprov Sulteng bahas pembangunan jalan Sigi Kota-Gumbasa

Bupati Sigi Mohamad Irwan bersama Kepala Dinas Bina Marga Syaifullah Djafar (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) mulai membahas rencana pembangunan jalan yang menghubungkan Kecamatan Sigi Kota dan Gumbasa.

"Dengan terbuka ruas jalan ini maka akan diikutkan dengan terbukanya ruang ekonomi masyarakat," ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Rabu.

Sebelumnya Bupati Mohamad Irwan mengusulkan kepada Gubernur Sulteng Rusdy Mastura agar Pemprov Sulteng membantu pembangunan infastruktur di Kabupten Sigi.

Salah satu yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Sigi itu yakni pembangunan jalan menghubungkan Desa Bora, Kecamatan Sigi Kota dengan Desa Pandere, Kecamatan Gumbasa, dengan panjang jalan sekitar 22,85 kilo meter.

Gubernur Sulteng menanggapi usulan Bupati Sigi yang kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Bina Marga Penataan Ruang Provinsi Sulteng, yang diawali dengan rapat pembahasan rencana pembangunan jalan tersebut.

Rencana pembangunan jalan dengan panjang 22,85 kilo meter itu akan dimulai tahun 2022 yang diintervensi oleh Pemprov Sulteng sebagai upaya untuk percepatan distribusi hasil pertanian milik petani di daerah tersebut.

"Jalan ini juga akan melintas di dekat objek wisata hutan raya, yang juga akan memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat selain dampak lingkungan," ucap Bupati.

Bupati Sigi Mohamad Irwan juga menyampaikan usulan tentang pembukaan jalan untuk daerah-daerah terisolir dan terpencil di Kabupaten Sigi yang berada di wilayah Kecamatan Kulawi Selatan dan Pipikoro.

Usulan pembangunan jalan daerah terpencil dan terisolir itu antara lain ruas jalan yang menghubungkan Desa Gimpu Kecamatan Kulawi Selatan dengan Desa Kalamanta Kecamatan Pipikoro.

Kemudian, ruas jalan Tanggarawa sampai ke Desa  Wugaga, ruas jalan Bangga menghubungkan Kabupaten Donggala dan Sulawesi Barat, ruas jalan Boladangko-Towulu-Banggaiba serta ruas jalan Tongoa-Manggalapi.

Bupati Sigi mengharapkan bantuan Pemprov Sulteng melalui Dinas Bina Marga Provinsi Sulawesi Tengah dapat merealisasikan pekerjaan jalan tersebut dengan menggunakan anggaran APBD Propinsi Sulteng dan APBN.
Rapat pembahasan usulan Pemkab Sigi atas pembangunan jalan yang menghubungkan Kecamatan Sigi Kota dengan Kecamatan Gumbasa. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)





 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar