BMKG ingatkan potensi hujan lebat delapan daerah di Sulteng

id Kesra

BMKG  ingatkan potensi hujan lebat delapan daerah di Sulteng

Forcaster Cuaca Stamet Mutiara Sis Al-Jufri Palu Ambinari Rachmi Putri menunjukkan prakiraan cuaca yang terjadi di wilayah Sulawesi Tengah selama sepekan. ANTARA/Kristina Natalia

Palu (ANTARA) -
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Palu mengingatkan potensi hujan lebat disertai angin di delapan daerah di Provinsi Sulawesi Tengah selama tiga hari ke depan.
 
Forcaster BMKG stasiun Bandar Udara Mutiara Sis Al- Jufrie Palu, Ambinari Rachmi Putri menyebutkan delapan daerah tersebut yakni Kabupaten Toli-toli, Buol, Parigi Moutong, Donggala, Tojo Una-una, Poso, Sigi dan Banggai yang berpotensi terjadi bencana hedrometeorologi.
 
“Pertumbuhan awan yang banyak menyebabkan terjadi hujan bahkan angin kencang dan hal ini tentunya diwaspadai akan adanya potensi bencana hedrometeorologi seperti puting beliung, banjir maupun longsor,” jelas Ambinari di Palu, Rabu.
 
Ambinari mengatakan khusus untuk Kabupaten Toli-toli dan Buol saat ini masih berstatus waspada dan diprakirakan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hingga Januari tahun 2023.
 
Meskipun begitu, ia mengatakan hujan di dua kabupaten tersebut sudah terjadwal setiap tahun.

“Curah hujan di dua kabupaten ini cukup tinggi sehingga daerah yang di lembah waspada akan bencana banjir atau tanah longsor,” terangnya.
 
Menurut Ambinari, curah hujan yang tinggi juga akan berpengaruh pada tinggi gelombang sehingga diimbau kepada para nelayan yang menggunakan perahu tradisional agar tidak melaut pada malam hari.
 
“Curah hujan yang tinggi tahun ini disebabkan karena dampak fenomena La Nina di Sulawesi Tengah,” kata Ambinari.