Bupati Morut tinjau kondisi jembatan kayu di Baturube

id Morut

Bupati Morut  tinjau kondisi jembatan kayu di Baturube

Bupati Morut Delis Julkarson Hehi tinjau kondisi jembatan kayu di Baturube. ANTARA/HO- MCDD Pemda Morut

Baturube, Sulteng (ANTARA) - Bupati Morowali Utara (Morut) Delis Julkarson Hehi meninjau dua jembatan yang terbuat dari konstruksi kayu di tengah kota Baturube, ibukota Kecamatan Bungku Utara, setelah meresmikan pengfungsian Rumah Sakit Pratama Baturube.

Dalam penijauan itu, Bupati sejumlah pejabat antara lain Camat Bungku Utara Rijal Thaib Sehi, SH, Kadis Dikbud Morut M. Ridwan Dg Mallureng, SAg, Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Buharman Lambuli, SSos, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Fahrudin Lalu, ST, dan beberapa pejabat lainnya.

Bupati Morut memeriksa semua bagian jembatan yang merupakan jalan poros penting di ibukota kecamatan Bungku Utara tersebut. Sambil mengamati dan berdiskusi dengan pejabat terkait, Bupati Morut  minta pihak PUPR Morut untuk segera membuat perencanaan dan menghitung biaya pembangunan jembatan secara permanen.

"Segera bikin perencanaan. Kalau bisa tahun anggaran depan sudah bisa masuk," katanya.

Camat Bungku Utara Rijal Thaib Sehi menyatakan sangat berterima kasih atas kehadiran bupati melihat langsung kondisi kedua jembatan itu  "Kami bersyukur sekali karena pak bupati bisa meluangkan waktu ke sini. Mudah-mudahan jembatan ini bisa segera diperbaiki," harapnya 

Posisi kedua jembatan yang hanya berjarak sekitar 60 meter itu cukup strategis. Jembatan 1 yang terletak di Dusun Malikawi, menghubungkan Dusun Posintuwu dan Desa Uewaju. Sedangkan jembatan 2 yang dikenal dengan jembatan Bonesompe merupakan poros strategis karena menghubungkan Rumah Sakit Pratama Baturube yang baru saja diresmikan Bupati Morut.

Kedua jembatan itu hanya bisa dilalui sepeda motor, itu pun harus pelan-pelan. Sedangkan kendaraan roda empat (mobil) tidak bisa dan harus memutar cukup jauh.

Seorang tokoh masyarakat yang berdiri di pinggir jembatan mengatakan, kalau tidak bisa dibangun sekaligus dua jembatan permanen, barangkali yang prioritas jembatan yang akses ke Rumah Sakit Pratama saja dulu. "Jembatan ini yang paling mendesak diperbaiki. Jembatan satunya lagi nanti menyusul," katanya penuh harap. 

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Morut Fahrudin Lalu mengatakan akan segera melaporkan hasil peninjauan dan arahan bupati ini kepada Kepala Dinas PUPR dan bidang yang terkait. 

Kunjungan Bupati Morut Delis J. Hehi selama berada di Bungku Utara dalam rangka meresmikan pengfungsian Rumah Sakit Pratama Baturube dan menutup kegiatan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Kabupaten Morowali Utara. 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022