Kontingen PMI Jabar menjadi juara favorit pada wahana kepalangmerahan

id Kontingen PMI Jabar ,Juara Favorit ,Wahana Kepalangmerahan ,Jumbara Nasional ,PMI

Kontingen PMI Jabar menjadi juara favorit pada wahana kepalangmerahan

Kontingen PMI Jabar saat mengikuti wahana kepalangmerahan di Jumbara PMR tingkat nasional ke IX Lampung. Antara/HO/Kontingen PMI Jabar

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Kontingen Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Barat ditetapkan menjadi juara favorit pada wahana kepalangmerahan pada Jumpa, Bakti, Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) tingkat nasional IX di Lampung.

"Ada tiga tahapan yang dinilai pada kegiatan wahana kepalangmerahan ini seperti sportivitas, ketepatan dan kerja sama," kata  Penanggung Jawab Wahana Safe Steps Kids Sub Bidang Gembira Jumbara PMR Tingkat Nasional ke IX Lampung Irfan Syahrudin saat dihubungi dari Sukabumi, Sabtu.

Menurut Syahrudin, wahana kepalangmerahan di Jumbara PMR kali ini namanya menjadi wahana Safe Steps For Kids, namun kegiatannya tetap sama. Di mana wahana ini sebagai edukasi kesiapsiagaan bencana atau langkah aman saat bencana yang di aplikasikan dalam bentuk permainan outbound. 



Cara ini bertujuan sebagai pembelajaran agar tidak membosankan dan sekaligus dapat membentuk karakter peserta, biar mampu memimpin, melatih kerjasama, komunikasi dan percaya diri.

Dalam kegiatan tersebut ada enam pos yang harus dilalui oleh para peserta seperti wahana first aid (pertolongan pertama, gempa bumi, banjir, kebakaran, hygiene dan sanitasi dan magic stick (pos bayangan).

Terpilihnya Kontingen PM Jabar menjadi juara favorit karena dari hasil penilaian mulai sportivitas, ketepatan dan kerjasama lebih unggul dibanding kontingen lainnya. Dengan demikian kontingen ini dinilai layak menjadi juara.



Kepala Markas PMI Jabar Erlan Suherlan mengapresiasi perjuangan dan usaha peserta yang mewakili Kontingen PMI Jabar pada wahana kepalangmerahan. Tentunya dengan terpilih sebagai juara favorit bisa menambah semangat peserta untuk memberikan yang terbaik.

Tentunya penghargaan ini bisa mengharumkan nama Provinsi Jabar, karena perjuangan mereka untuk menjadi yang terbaik tidaklah mudah karena harus melewati beberapa tahapan. Namun atas kepercayaan diri, kerjasama dan kekompakan yang mereka tunjukkan mendapat penilaian yang terbaik.

Dengan terpilihnya Jabar menjadi juara favorit ini membuktikan bahwa seluruh peserta dari Kontingen PMI Jabar bisa memberikan yang terbaik dan mampu bersaing dengan provinsi lainnya.