Rakernas Apkasi XV Bupati Morut berbagi pengalaman dan menjadi moderator Menko Marves

id Morut

Rakernas Apkasi XV Bupati Morut berbagi pengalaman dan menjadi moderator Menko Marves

Bupati Morut Delis J. Hehi (kanan) dipercayakan menjadi moderator sekaligus berbagi pengalaman dengan Menteri Luhut Binsar Pandjaitan (kiri). ANTARA/HO-MCDD

Banten (ANTARA) - Dihadapan para Bupati se-Indonesia Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI menyampaikan materi tentang Hilirisasi Industri untuk meningkatkan daya saing daerah dalam forum Rakernas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) yang dilaksanakan di Nusantara Hall ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Kamis. (20/7) 

Pada Rakernas tersebut Bupati Morut Delis J. Hehi dipercayakan menjadi moderator sekaligus berbagi pengalaman dengan Menteri Luhut. 

Kesempatan ini digunakan dengan baik oleh Bupati Delis untuk menyampaikan keluhan-keluhan daerah di tengah hilirisasi industri yang masif terjadi di Kabupaten Morowali Utara, antara lain persoalan infrastruktur jalan, serta energi yang belum sesuai dengan harapan masyarakat di Kabupaten Morowali Utara.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ma'ruf Amin Wakil Presiden Republik Indonesia ini mengusung tema "Kesiapan Daerah dalam Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024". 

Selain Rakernas panitia juga menggelar pameran APKASI Otonomi Expo (AOE) diikuti oleh pemerintah kabupaten selaku anggota Apkasi yang menampilkan potensi komoditas unggul dan peluang investasi daerah. 
 
Bupati Morut Delis J. Hehi dipercayakan menjadi moderator. ANTARA/HO-MCDD

Salah satu fokus pembahasan Rakernas Apkasi XV ini adalah upaya pemerintah daerah untuk mencari sumber pendapatan, selain penambahan dana dari pusat melalui DAU dan DAK, salah satunya adalah melalui perdagangan dan investasi.