Kota Poso kini miliki mall

id poso

Kota Poso kini miliki mall

Suasana pengguntingan pita peresmian Poso City Mall, Rabu (19/10). (Antarasulteng.com/Feri Timparosa)

Gerai terbesar di Poso City Mall adalah Hypermart milik PT. Matahari Putra Prima, Tbk
Poso (antarasulteng.com) - Kota Poso akhirnya memiliki mal, setelah Rabu pagi, Poso City Mall yang mulai dibangun tiga tahun lalu, diresmikan pengoperasiannya setelah melewati masa ujicoba selama beberapa pekan terakhir. 

Poso City Mall disebut-sebut sebagai mall pertama dan terbesar di tingkat ibu kota kabupaten di seluruh provinsi di Sulawesi, dengan tenan terbesar adalah Hypermart.

Direktur Utama Poso City Mall Karman Karim, Wakil Bupati Poso Samsuri dan Direktur Komunikasi PT. Matahari Putra Prima, Tbk Danny Konjongian serta mantan Bupati Poso Piet Inkiriwang, menggunting pita secara bersamaan sebagai tanda peresmian pusat perbelanjaan dan hiburan yang terletak di jalur trans Sulawesi itu.

Dirut Poso City Mall (PCM) Karman Karim berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Poso yang telah mendukung pembangunan PCM. Ia juga mengagumi Kabupaten Poso yang aman dan damai.

"Saya persembahkan Poso City Mall ini kepada saudara-saudara di Poso untuk digunakan sebaik-baiknya,” Ujar Karman yang disambut tepuk tangan hadirin.

Dia katakan, PCM tersebut mempekerjakan 350 orang karyawan yang 95 persen berasal dari warga lokal Poso. 

Dirinya juga menegaskan bahwa kehadiran PCM tidak akan mematikan pedagang kecil sebab semua hasil petani dan nelayan di Kabupaten Poso diperdagangkan di Poso City Mall.

"Saya mendengar kehadiran Poso City Mall ini, dapat mematikan pedagang kecil, padahal tidak, karena semua hasil dari nelayan dan petani di Poso ada di Poso City Mall,” ujarnya.

Menurut Karman, kehadiran Poso City Mall tersebut juga akan memberikan dampak ekonomi berganda ke Poso, khususnya dan Sulteng pada umumnya. 

Ia memberi contoh, kalau saat ini baru pesawat Wings Air yang mendarat di Poso, namun ke depan pesawat Garuda bisa terbang ke Poso juga.

Sementara itu Direktur Komunikasi PT. Matahari Putra Prima, Tbk Danny Kojongian mengatakan pihaknya menghadirkan Hypermart paling moderen di Poso, yakni hypermart generasi ke-7.

"Kalau yang di Kota Palu itu Hypermart generasi ke-6, tapi di Poso ini generasi ke-7, jadi sama dengan Hypermart di Jakarta, Bandung dan kota-kota besar lainnya di Indonesia," ujar Danny.

Hypermart di PCM ini memperjakan sekitar 200 karyawan, 90 persen adalah putra Poso.

Wakil Bupati Poso Samsuri mengatakan Pemkab dan masyatrakat Poso bangga dengan kehadiran Poso City Mall dan akan menjadi salah satu petunjuk bagi masyarakat nasional dan dunia bahwa Poso adalah daerrah damai dan potensial serta menarik untuk dikunjungi dan dipilih menjadi tempat berinvestasi.