Pemkab Sigi dan Pemkab Temanggung sinergi majukan pertanian

id Wabup Sigi,Samuel Pongi,Pemkab Temanggung,Pemkab Sigi,Pertanian Sigi

Pemkab Sigi dan Pemkab Temanggung sinergi majukan pertanian

Wakil Bupati Sigi Yansen Pongi (kiri) foto bersama Bupati Temanggung sambil menerima cendramata dalam pertemuan sinergitas dua kabupaten tersebut untuk pengembangan pertanian. (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah, bersinergi dengan Pemkab Temanggung, Jawa Tengah, untuk mengembangkan sektor pertanian dua daerah tersebut.

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi, dihubungi dari Palu, Jumat, mengemukakan bahwa Kabupaten Sigi memiliki potensi sumber daya alam sektor pertanian yang melimpah.

"Sektor pertanian ini menjadi primadona untuk membangun daya saing, ekonomi masyarakat dan ekonomi daerah," kata Samuel.

Samuel mengemukakan bahwa kekayaan sumber daya alam pada sektor pertanian yang dimiliki oleh Kabupaten Sigi belum dikembangkan secara optimal.

Pengembangan sektor pertanian membutuhkan kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak dari dalam dan luar negeri.

"Oleh karena itu, kami berterima kasih Pemerintah Kabupaten Temanggung bersedia untuk bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Sigi," ujar Samuel.

Melalui sinergi tersebut, Pemerintah Kabupaten Sigi mengirim para pegawai Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sigi serta para penyuluh pertanian dari Sigi, untuk belajar di Temanggung terkait dengan pengelolaan dan pengembangan budidaya tanaman pertanian.

Hal ini dilakukan melalui kegiatan studi tiru pengembangan sektor pertanian yang diselenggarakan oleh Pemkab Sigi melalui skema sinergi dengan Pemkab Temanggung.

"Kami berharap Pemkab Temanggung dapat memberikan pengetahuan dan pembelajaran baru dalam rangka pengelolaan dan pengembangan sektor pertanian," ujarnya.

Samuel mengemukakan bahwa pengetahuan dan ilmu yang didapat dari Temanggung akan diterapkan dalam pengelolaan dan pengembangan pertanian di Sigi.