Pemkab Banggai Kepulauan dan Morowali Utara kerja sama pengendalian inflasi

id Inflasi bangkep,Bupati bangkep,Pengendalian inflasi,Ihsan Basir,Pemkab Morut

Pemkab Banggai Kepulauan dan Morowali Utara kerja sama pengendalian inflasi

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir dan Bupati Morowali Utara foto bersama sambil memperlihatkan MoU yang ditandatangani dua pihak. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)

Banggai Kepulauan, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan dan Pemerintah Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, menjalin kerja sama pengendalian inflasi agar laju inflasi sesuai dengan target dan harapan kedua pemerintah daerah tersebut.

"Insya Allah, niat baik kedua belah pihak akan memberi manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat,” kata Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir di Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Selasa.

Kerja sama dua pemerintah daerah tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir dan Bupati Morowali Utara Delis J Hehi, berlangsung di Rumah Jabatan Bupati Banggai Kepulauan, Selasa.

Ihsan Basir mengemukakan kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan mutu perdagangan hasil perikanan dan kelautan, serta membuka kesempatan kerja dalam mendukung kemajuan daerah sehingga bisa menekan Inflasi di daerah.

"Kami berharap kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan dan Pemerintah Kabupaten Morowali Utara dapat terjalin semakin erat dalam hal terkait perdagangan hasil perikanan dan kelautan, dan penyerapan tenaga kerja untuk pembangunan perekonomian daerah dan perekonomian masyarakat,” kata Bupati.

Menurut Bupati Ihsan Basir, kerja sama tersebut, menjadi satu komitmen untuk saling mendukung dalam pengoptimalan penyelenggaraan pemerintah daerah, dalam mewujudkan kemakmuran dan kemajuan bangsa.

“Kami berkomitmen untuk mengimplementasikan seluruh isi perjanjian kerja sama yang telah di sepakati ini, demi memberikan manfaat yang maksimal dan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Berdasarkan data Pemkab Bangkep inflasi bulan Juni 2023 sebesar 0,98 persen. Sementara inflasi tahun kalender dari Januari - Juni 2023 yaitu 3,16 persen dan inflasi tahun ke tahun dari Juni 2022 sampai Juni 2023 sebesar 7,94 persen.

Inflasi ini dipengaruhi oleh naiknya indeks harga pada kelompok makanan, minuman dan tembakau yaitu 2,62 persen. Selanjutnya, perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar lainnya yaitu 1,59 persen.

Kemudian perawatan pribadi dan jasa lainnya 0,75 persen, transportasi 0,6 persen, perlengkapan, peralatan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,5 persen.
Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir dan Bupati Morowali Utara menandatangani MoU tentang kerja sama pengendalian inflasi daerah (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)


Sementara, Bupati Morowali Utara Delis J Hehi mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan yang telah bersedia bekerja sama untuk mengendalikan inflasi daerah.

“Dari sektor perikanan dan kelautan bahwa banyak sekali hasil dari sektor tersebut yang masuk ke Morowali Utara dari Banggai bersaudara, sehingga kami melaksanakan kerja sama antara Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Morowali Utara,” ujarnya.