BPBD Sulteng lakukan pendataan di lokasi banjir bandang di Desa Balongga Sigi

id Banjir Bandang, sigi, sulteng

BPBD Sulteng lakukan pendataan di lokasi banjir bandang di Desa Balongga Sigi

Banjir di Desa Balongga, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Foto : ANTARA/HO/ (BPBD Sulteng)

Sigi (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah masih melakukan pendataan terkait jumlah warga serta jumlah rumah dan fasilitas umum yang terdampak banjir bandang di Desa Balongga, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.
 
"Atas kejadian ini belum diketahui berapa jumlah warga yang terdampak dan mengungsi karena masih dalam tahap pendataan," ucap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sulteng Andy Sembiring, Rabu malam.
 
Menurut dia saat ini tim BPBD Sulteng sudah menuju ke lokasi banjir di Kabupaten Sigi. Salah seorang warga yang dikabarkan hanyut terbawa arus banjir juga sudah ditemukan dalam keadaan selamat.
 
"Tadi sudah berkoordinasi bersama kepala desa dan pemerintah desa, juga yang hanyut sudah ditemukan dan saat ini akses jalan Palu-Balongga terputus," jelasnya.
 
Banjir bandang menerjang Desa Balongga di Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (17/4) malam sekitar pukul 21.00 Wita.
 
Dari video amatir milik warga setempat terlihat banjir  juga disertai material berupa lumpur, kayu dan batu-batu besar. Sejumlah rumah warga juga mengalami kerusakan yang cukup parah.
 
Menurut keterangan salah satu warga, Efendi Gereuw, saat ini sejumlah warga memilih mengungsi ke desa lain yang tidak jauh dari lokasi banjir.
 
"Iya, ada sebagian warga ke dusun sebelah," ujarnya.