Central Celebes Marathon diharap tingkatkan kunjungan wisatawan

id CCM,wisata,elim somba

Central Celebes Marathon diharap tingkatkan kunjungan wisatawan

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Sulteng Dr Bunga Elim Somba (Antaranews Sulteng/Istimewa)

Palu (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemkot Palu berharap lomba lari maraton Central Celebas Marathon (CCM) 2018 yang digelar di Kota Palu, Minggu (15/4) memeriahkan HUT ke-54 provinsi itu mampu meningkatkan kunjungan wisatawan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sulteng Bunga Elim Somba di Palu, Minggu mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu ajang untuk mengukur prestasi atlet dalam negeri dan lokal karena juga diikuti peserta dari beberapa negara.

Selain itu, kata dia, yang sangat diharapkan oleh pemerintah provinsi maupun Pemkot Palu, kegiatan tersebut sebagai ajang promosi wisata.

"Kita berharap melalui kegiatan ini sekaligus sebagai sarana promosi berbagai objek wisata yang ada di Sulteng," kata dia.

Namun yang pertama kita mau buktikan bahwa Kota Palu dan kabupaten lainnya di Sulteng aman dan nyaman sehingga para wisatawan tidak lagi khawatir untuk berkunjung ke daerah ini.

Karena itu, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, para peserta semakin yakin bahwa Sulteng benar-benar aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Baca juga: 80 pelari mancanegara ikut Central Celebes Marathon 2018

Sulteng memiliki banyak sekali objek wisata menarik dan unik yang bisa menarik banyak wisatawan mancanegara untuk datang ke daerah ini. Pemprov Sulteng menargetkan kunjungan wisatawan meningkat lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya.

Sejumlah objek wisata unggulan di Sulteng antara lain Pulau Togean di Kabupaten Tojo Una-Una, Danau Tentena di Kabupaten Poso, Tanjung Karang di Kabupaten Donggala, Danau Lindu di Kabupaten Sigi, Danau Tambing di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), salah satu cagar biosfer di dunia yang ditetapkan UNESCO pada 1971.

Namun demikian, masih banyak lagi objek wisata lain yang juga banyak dikunjungi wisatawan.

CCM 2018 yang pertama kali digelar di Sulteng ini diikuti 1.500 orang, sekitar 45 persennya adalah pelari dari luar provinsi Sulteng, termasuk 80 pelari mancanegara dari Kenya, Nairobi, Thailand, Malaysia dan Singapura.

Lintaran lomba menempuh rute pegunungan, lembah, pinggiran sungai dan pantai, serta para peserta dihibur dengan berbagai acara kesenian tradisional, pesta kuliner, baik pada saat pembagian perlengkapan lomba (racepack) selama dua hari maupun pada puncak acara lomba yang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. 
 
. Logo CCM 2018 (Antaranews Sulteng/Istimewa) (Antaranews Sulteng/Istimewa/)