Pelari Kenya sabet juara kategori 21k-42k

id Ccm

Pelari Kenya sabet juara kategori 21k-42k

.Seorang pelari putri asal Kenya berbincang dengan Ketua Panitia CCM 2018 Syaifullah Djafar dan Sekretaris Panitia Hendrik Lianto (kanan) di lokasi pengambilan race-pack Taman GOR Palu, Sabtu. (Antaranews Sulteng/Steven)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Sejumlah pelari asal Negara Kenya menyabet juara pertama pada kategori 21 kilometer (K) dan 42 kilometer (K) pada lomba lari Central Celebes Marathon (CCM) 2018 di Kota Palu, Minggu.

Untuk kategori 21K putra internasional diraih oleh Jakob Kibiwur Kitur dengan nomor dada 3006. Sementara kategori 21K putri internasional direbut Jepkosgei Naum dengan nomor dada 3007.

Selain mendapatkan medali, para pemenang di kategori itu mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp8 juta.

Untuk ketegori 42 kilometer putra internasional diraih Edwin Kiptanui Kichwen dengan nomor dada 1010. Sementara kategori 42 kilometer putri internasional diraih Purity Jerimo Serem dengan nomor dada 1002.
 Wakapolda Sulawesi Tengah Kombes Polisi Aris Purnomo melepas secara resmi peserta lomba lari Central Celebes Marathon (CCM) 2018 untuk kategori 42 kilometer. (Foto Antara/Fauzi) 

Selain mendapatkan medali, para pemenang di kategori itu mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp30 juta.

Ketua Panitia Pelaksana CCM 2018, Syaifullah Djafar mengatakan lomba tersebut diikuti sekitar 1.500 peserta, dimana sekitar 600 orang dari luar Sulawesi Tengah dan sekitar 80 orang adalah pelari mancanegara asal Kenya, Nairobi, Thailand, Malaysia dan Singapura.

"Kita bahkan menolak sekitar 500 orang pendaftar, karena kuotanya sudah penuh," ungkap Syaifullah.

Menurut dia, kegiatan CCM 2018 di Palu, bertepatan dengan kegiatan lomba lari yang sama di Yogyakarta yakni Yogya Mandiri Marathon, sehingga sebagian pelari nasional terbagi dalam mengikuti lomba.

"Untuk target pelari internasional dan nasional sudah tercapai," ujarnya.

Selain itu, seluruh kegiatan tersebut telah dilaksanakan dengan standar internasional, karena setiap rute yang dilewati pelari, panitian telah menyiapkan water station dan posko kesehatan.

"Bahkan ada 13 spot wisata yang dilewati para pelari, dengan sekitar 2000 siswa/ siswi yang menjadi penyemangat mereka," ungkap Syaifullah.

Kata dia, para pelari internasional tersebut memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan itu, namun bagi mereka, Palu merupakan daerah dengan cuaca yang cukup panas.

"Banyak pelari-pelari engan ke Palu, karena Palu cukup panas, sehingga kita menyiapkan semua fasilitas untuk menghindari, jika pelari mengalami dehidrasi," tutup Syaifullah.

Baca juga: Pelari Kenya target borong juara Central Celebes Marathon 2018