Cuaca ekstrim, pelayaran Luwuk - Balut alihkan rute

id Banggai,Kapal,Penumpang

Cuaca ekstrim, pelayaran Luwuk - Balut alihkan rute

Suasana Pelabuhan Rakyat Luwuk Rabu malam. Tampak penumpang KM. Rejeki Baru padat sehingga pesanan kamar full dan kelas ekonomi. Kondisi ini membuat pihak kapal harus menambah tempat tidur penumpang. (steven)

Memang agak lambat tiba di tujuan, tapi kami cari aman. Yah, kalau lewat Tanjung Pamali biasanya kami tempuh dengan waktu tujuh jam, malam ini mungkin delapan jam setengah baru tiba di Pelabuhan Banggai
Luwuk, (Antaranews Sulteng) - Kapal Motor (KM) Rejeki Baru yang akan berlayar dari Pelabuhan Rakyat Luwuk, Kabupaten Banggai, menuju Pelabuhan Banggai, Kabupaten Banggai Laut (Balut), Rabu malam terpaksa mengalihkan rute pelayaran untuk mencari jalur aman.

Kapten KM Rejeki Baru, Benni Budiman mengungkapkan cuaca memang kurang bersahabat belakangan ini. 

Kondisi itu ditambah rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membuatnya harus mengambil sikap. 

Rute kapal yang biasanya melalui perairan Tanjung Pamali dialihkan memutar melalui perairan Tanjung Kambani.

"Memang agak lambat tiba di tujuan, tapi kami cari aman. Yah, kalau lewat Tanjung Pamali biasanya kami tempuh dengan waktu tujuh jam, malam ini mungkin delapan jam setengah baru tiba di Pelabuhan Banggai," paparnya.

Meski begitu, penumpang di KM. Rejeki Baru membludak karena berkenaan dengan berakhirnya hari libur. Sejumlah pegawai dan anak sekolah terlihat memadati kapal. Itu terlihat juga dengan adanya penambahan kasur busa bagi penumpang kapal.

"Untuk pelayaran malam ini, kami mengangkut seratus sembilan puluh orang. Kali ini memang penumpang full," kata Benni.

Benni berharap dalam pelayaran tidak terjadi hal buruk, dan kapal yang dinahkodainya bisa tiba di tujuan dengan selamat.

Sementara itu, Sri Imayanti, salah satu penumpang mengaku sedikit khawatir dengan cuaca ekstrim yang dirilis BMKG. Namun, karena ada tugas yang harus segera diselesaikan maka dirinya harus pulang ke Banggai Laut.

"Khawatir juga cuma harus tetap balik. Mudah-mudahan lancar dan selamat sampai tujuan," imbuhnya.*