PLN rugi ratusan juta akibat pencurian kabel gardu listrik

id Pencurian kabel, pln, garsu

PLN rugi ratusan juta akibat pencurian kabel gardu listrik

Petugas PLN memperbaiki jaringan listrik yang rusak akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah pascagempa, PLN mulai melakukan perbaikan guna memenuhi kebutuhan listrik masyarakat. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/foc/18.)

Palu (Antaranews Sulteng) - PT. PLN (Persero) area Palu mengaku mengalami kerugian hingga Rp200 juta lebih akibat pencurian kabel di sejumlah gardu listrik di Kota Palu, Sulawesi Tengah oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
 
"Kami menyayangkan aksi seperti ini, kabel yang dicuri itu nilainnya bisa mencapai Rp200 juta lebih," ungkap Manager PLN Palu Abbas Saleh di Palu, Jumat. 

Abbas menyebut, pencurian komponen kelistrikan disejumlah gardu oleh orang yang tidak bertanggung jawab sudah terjadi sejak Desember 2018 hingga Januari 2019.

"Aksi pembobolan gardu ini marak terjadi dan sangat memprihatinkan selama dua bulan terakhir, " tambahnya. 

Abbas mengatakan, pihaknya belum mengetahui sebab pencurian kabel listrik terarbut, sejak dua bulan terakhir sedikitnya kurang lebih 13 gardu yang dibobol di antaranya lima gardu di wilayah Palu Barat dan delapan gardu di wilayah Palu Timur. 

Abbas memaparkan, sasaran pencurian material kelistrikan di wilayah Palu Timur  di antaranya gardu Jalan Sukarno Hatta atau didepan eks-STQ, kemudian gardu cantol di Kelurahan Layana, gardu Jalan Panglima Polem,  gadru Jalan RE Marthadinata depan Rumah Sakit Undata, gardu Jalan Mangunsaskoro, gardu Jalan Cut Meutia dan gardu Jalan Bukit Zaitun Sukarno Hatta.

Sedangkan wilayah Palu Barat yakni gardu di Jalan Kasubi Desa Sunju, gardu Jalan Abd. Raqi, gadu Jalan Lasoso, Gardu Kelurahan Tawanjuka dan gardu BTN Putra Mandiri Jalan Keramik, Kelurahan Pengawu. 

Akibat pencurian kabel gardu berdampak pada berkurangnya energi sehingga pemadaman listrik disejumlah wilayah di ibu kota Provinsi Sulteng yang tidak masuk dalam jadwal pemeliharaan jaringan. 

"Pencurian kabel gardu diketahui saat mendapat laporan dari masyarakat yang mengalami pemadaman listrik. Saat petugas melakukan pemeriksaan ternyata ada kabel yang hilang, " ujarnya. 

Ia mengajak warga Kota Palu dan sekitarnya agar ikut menjaga fasilitas yang sudah disediakan demi kenyamanan bersama. 

Bila terjadi pemadaman listrik di malam hari, warga diminta segera melaporkan kepada pihak PLN di cell center 123 sebagai langkah antisipasi mencegah terjadinya pencurian yang sama. 

Sebelumnya, Polres Palu pernah menangkap pelaku pencurian kabel gardu pada 2018, namun pascabencana aksi pencurian yang sama kembali marak terjadi.