Haris Kariming: pelayanan informasi publik tolok ukur kinerja Pemda

id ppid,karo humas,touna

Haris Kariming: pelayanan informasi publik tolok ukur kinerja Pemda

Karo Humas dan Protokoler Pemprov Sulteng Drs Moh. Haris Kariming saat berbicara di depan peserta sosialisasi PPID se-Kabupaten Tojo Unauna di Ampana, Senin (29/4). (Antaranews Sulteng/Humas Pemprov Sulteng)

Ampana (ANTARA) - Kepala Biro Humas dan Protokoler Pemprov Sulteng Drs Moh. Haris Kariming meminta para Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) terus meningkatkan profesionalisme karena pelayanan informasi publik yang berkualitas merupakan salah satu tolok ukur kinerja pemeritnah daerah.

"Semoga PPID semakin profesional melaksanakan tugas pokok dan fungsinya untuk meningkatkan penilaian kinerja Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna dan Pemerintah Provinsi," katanya saat menjadi pembicara pada Sosialisasi PPID di jajaran Pemda Tojo Unauna di Ampana, Senin.

Acara sosialisasi ini dibuka oleh Wakil Bupati Touna Admin S. Lasimpala.

Menurut Haris,  di antara tugas PPID provinsi adalah secara kontinyu melakukan pembinaan dan pengembangan SDM yang profesionalisme selaku pelaksana PPID kabupaten/kota.

Pelayanan informasi publik yang berkualitas, katanya, adalah tolak ukur kinerja pemerintah daerah dalam era transparansi informasi dan reformasi birokrasi sesuai petunjuk Permendagri.

Sedangkan Wabub Touna Admin Lasimpala mengatakan di era pertukaran informasi berbasis digital memungkinkan siapa saja yang lebih banyak menguasai informasi memegang kendali atas pihak lain yang lebih sedikit menguasainya.

Karenanya perlu pendekatan cerdas dalam hal pengelolaan data informasi supaya bisa dimanfaatkan efektif bagi kemajuan pembangunan daerah, ujarnya.

"Budaya keterbukaan informasi mutlak jadi pegangan dan prioritas para penyelenggara pemerintahan guna menentukan kualitas birokrasi dan pelayanan publik yang prima," ujar Wabup di hadapan para Sekretaris OPD dan sekretaris camat se-Kabupaten Touna.

Ia mengatakan bahwa kehadiran PPID di daerahnya mesti lebih diberdayakan, salah satunya lewat giat sosialisasi dari PPID Provinsi yang berkedudukan di Biro Humas dan Protokol Provinsi Sulteng.

"Guna menambah wawasan ASN, para penyelenggara birokrasi se Kabupaten Tojo Unauna yang gilirannya dapat menyediakan akses pelayanan informasi publik," lanjut wabup agar mekanisme pelayanan PPID sesuai UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan aturan turunan lainnya. (Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng)