Kolonodale, Sulteng (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah menggencarkan kampanye gerakan masyarakat hidup sehat (germas) sebagai upaya untuk mewujudkan kesehatan yang holistik di kabupaten itu.
 
"Kesehatan salah satu kebutuhan dasar yang harus terpenuhi kepada semua orang, maka kampanye germas bertujuan untuk mengajak masyarakat selalu menjaga pola hidup yang sehat," kata Bupati Morowali Utara Delis J Hehi di Kolonodale, Jumat.
 
Ia mengemukakan berbagai instrumen program dilakukan pemerintah daerah (pemda) untuk mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera melalui intervensi peningkatan mutu layanan pada fasilitas kesehatan pemerintah, peningkatan kualitas sarana dan prasarana penunjang, termasuk kualitas tenaga medis.
 
Pelayanan kesehatan juga dilakukan pada wilayah-wilayah yang sulit dijangkau.
 
"Sektor kesehatan salah program pembangunan prioritas Pemkab Morut untuk menciptakan masyarakat unggul, tangguh dan mandiri," ujarnya.
 
Germas yang merupakan program pemerintah pusat kata dia, sejalan dengan visi-misi Pemkab Morut, oleh sebab itu program ini terus diupayakan terlaksana hingga ke pelosok kabupaten itu.
 
Pada implementasinya, muatan germas bentuk ajakan kepada masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), seperti makan makanan bergizi, berolahraga, pemeriksaan kesehatan gratis bagi kelompok rentan (lansia), termasuk promosi kesehatan (promkes).
 
"Lima poin penting dalam pelaksanaan germas yakni berolahraga, menjaga pola makan, menjaga kebersihan lingkungan, membuat jambat yang sehat serta pemeriksaan kesehatan secara teratur," tutur Delis.
 
Menurut dia kesehatan menjadi pilar utama dalam kehidupan, sebab bila kesehatan terganggu makan akan mempengaruhi sektor-sektor lainnya, begitu pun sebaliknya.

Pewarta : Mohamad Ridwan
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024