Pemkab Sigi upayakan keberlanjutan kegiatan peternakan warga

id PEMKAB SIGI,BUPATI SIGI,PETERNAKAN,SAPI

Pemkab Sigi upayakan keberlanjutan kegiatan peternakan warga

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menyerahkan bantuan sapi secara simbolis kepada warga di Desa Pakuli Kecamatan Gumbasa. (ANTARA/HO/Humas Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah mengupayakan keberlanjutan dan keberlangsungan kegiatan peternakan warga, meski adanya penyebaran virus Corona jenis baru atau COVID-19.

“Upaya ini merupakan tindaklanjut dari program kami yakni Sigi masagena yaitu pemberdayaan yang berkelanjutan,” ucap Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, di Sigi, Rabu.

Pemkab Sigi telah menyalurkan bantuan sepuluh ekor sapi kepada masyarakat di Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa, untuk menunjang keberlanjutan peternakan masyarakat.

Bantuan sapi untuk peternakan warga, merupakan hasil dari kerjasama antara Pemkab Sigi dan Pemprov Sulteng melalui Anggota DPRD Sulteng dapil Sigi, Budi Luhur.

“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan oleh anggota DPRD Sulteng,” ujar irwan Lapatta.

Bupati mengaku bahwa bantuan tersebut sejalan dengan upaya Pemkab Sigi dalam memberdayakan masyarakat melalui program Sigi Masagena.

Olehnya, dia berharap, bantuan tersebut masih berlanjut hingga tahun depan, agar usaha peternakan masyarakat bisa berjalan dengan baik.

“Tahun ini, berkaitan dengan adanya bawah pandemic COVID-19, hampir semua yang terkait dengan program pembangunan utamanya menyangkut fisik dipotong, baik itu pembangunan jalan, jembatan, irigasi, air bersih. Kita berharap ini segera pulih, agar pemberdayaan dapat dimaksimalkan,” ujar Bupati.

Pada tahun 2019 Pemkab Sigi telah menyalurkan bantuan ternak berupa sapi kepada kelompok tani di 15 kecamatan se-Kabupaten Sigi terdiri atas 225 sapi Bali, 260 sapi lokal, 900 kambing lokal, 150 kambing peranakan etawa, dan 600 ekor  babi.

Pemerintah berharap kelompok tani yang telah mendapatkan bantuan ternak dapat mengembangkannya dengan baik.

Jika ternak-ternak itu dikembangkan dengan benar, niscaya akan sangat berdampak besar terhadap peningkatan dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Irwan juga menambahkan Sigi salah satu daerah yang diharapkan menjadi sentra produksi ternak sapi potong di Provinsi Sulteng.

Gubernur Sulteng telah mencanangkan pada 2021, Sulteng mampu menghasilkan satu juta ekor ternak sapi potong guna mendukung program nasional swasembada daging.

Baca juga: Pemkab Sigi bangun ekonomi rakyatnya melalui peternakan
Baca juga: Wagub: populasi ternak sapi Sulteng masih jauh dari target yang ditetapkan