TNLL masih pertimbangkan buka kembali obyek wisata Danau Tambing

id danau, tambing, tnll

TNLL  masih pertimbangkan buka kembali obyek wisata Danau Tambing

Danau Tambing, salahsatu destinasi unggulan Sulawesi Tengah. (Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL)  hingga kini masih mempertimbangkan untuk membuka kembali obyek wisata Danau Tambing, salah satu destinasi unggulan di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Balai besar TNLL, Jusman di Palu, Rabu mengatakan belum menerima kunjungan wisatawan, sebab masih dalam pembenahan setelah beberapa waktu lalu diterjang angin puting beliung mengakibatkan banyak pohon dalam lokasi yang tumbang dan menimpa beberapa fasilitas yang ada.

Selama obyek wisata itu ditutup, pihaknya memanfaatkan untuk membenahi fasilitas yang rusak, terutama membersihkan lokasi tersebut dari pepohonan kayu yang roboh diterjan angin puting beliung.

Nanti akan dibuka lagi setelah semua fasilitas yang rusak sudah rampung diperbaiki.

Saat ini, wisatawan sudah bisa berkomunikasi melalui handpone karena sudah dibangun sarana telekomunikasi oleh PT Telkomsel di lokasi wisata Danau Tambing.

Pembangunan sarana telekomunikasi di lokasi wisata merupakan bentuk dari perhatian dan kepedulian pemerintah melalui PT Telkomsel guna meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Danau Tambing terletak di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso diatas ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut dengan suhu cukup dingin.

Wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata itu harus membawa perlengkapan seperti selimut dan jaket yang tebal, sebab udaranya sangat dingin.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, jumlah wisatawan yang berkujung semakin meningkat.

Di lokasi, para pengujung bisa menikmati panorama danau yang indah,tanaman anggrek dan kantong semar, kemping, memancing dan mengamati serta mendengar suara berbagai burung,termasuk beberapa diantaranya burung endemik banyak diminati wisatawan mancanegara.

Obyek wisata itu berjarak sekitar 90an,km dari Kota Palu dapat dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan sepeda motor dan mobil.

Jalan menuju lokasi wisata sudah beraspal melalui jalur Palu-Napu (Poso) selama tiga jam perjalanan.

Pintu masuk ke lokasi obyek wisata Danau Tambing berada dekat dengan jalan raya. 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar