Irmayanti Petalolo perempuan pertama jabat Sekkot Palu

id Sekkotpalu, Irmayanti Petalolo, Pemkotpalu, Sulteng, palu

Irmayanti Petalolo perempuan pertama jabat Sekkot Palu

Pengambilan sumpah jabatan pejabat eselon IIa dan pejabat eselon IIb di lingkungan Pemerintah Kota Palu, Jumat (21/1/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah Hadianto Rasyid melantik dan mengambil sumpah jabatan Irmayanti Petalolo sebagai Sekretaris Daerah Kota Palu, pada Jumat.
 
Irmayanti mencetak sejarah baru perempuan pertama sebagai Sekkot, sejak daerah ini mekar 43 tahun yang lalu.
 
Pengambilan sumpah jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkot Palu yakni, jabatan eselon IIa (Sekkot) dan tiga jabatan eselon IIb yakni Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Kepala Badan Penelitian Daerah dan Direktur Rumah Sakit Anutapura.
 
Dalam arahannya, wali kota menginstruksikan kepada Sekkot yang baru untuk mendorong aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkot Palu dengan menjadi lokomotif penggerak perubahan pola pikir dan kultur, sehingga tidak terlalu lama berada di zona nyaman dan harus bergerak ke zona yang lebih baik.
 
Kemudian, mampu membangun komunikasi yang efektif, melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan mitra strategis Pemda serta seluruh pemangku kepentingan harus diberi ruang untuk berkoordinasi.
 
"Kemudian mendorong secepatnya reformasi birokrasi agar Pemerintah Kota Palu berjalan lebih efektif dan efisien," ujar Hadianto.
 
Ia juga meminta Sekkot sebagai koordinator keuangan daerah untuk melakukan langkah-langkah percepatan pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2022 sehingga hal tersebut harus berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.
 
"Pastikan semua berjalan dengan baik," kata Hadiant menambahkan.
 
Ia mengungkapkan, bahwa mereka telah mengikuti seleksi calon Sekkot baru-baru ini merupakan kader-kader terbaik di lingkup Pemkot Palu, sehingga pihaknya sulit untuk menetapkan.
 
"Keputusan ini juga akan begitu berat diterima oleh yang belum mendapat kesempatan. Kami berharap semoga ini dapat diterima dengan baik dan tetap melakukan kerja-kerja positif demi tekad kita bersama mewujudkan Kota Palu yang lebih baik," ucap Hadianto.