MUI Palu menyiapkan tim dakwah untuk Safari Ramadhan

id MUI Palu,Safari Ramadhan Palu,Ramadhan 2023

MUI Palu menyiapkan tim dakwah untuk Safari Ramadhan

Ketua MUI Kota Palu Prof. KH Zainal Abidin. (ANTARA/HO-MUI Palu)

Palu (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu di Provinsi Sulawesi Tengah menyiapkan tim dakwah yang akan diturunkan dalam kegiatan Safari Ramadhan 1444 Hijriah tahun 2023.

"Tim dakwah ini kurang lebih 10 orang, yang akan diturunkan mulai pekan pertama Ramadhan," kata Ketua MUI Kota Palu KH Zainal Abidin saat dihubungi dari Palu, Senin.

Zainal mengatakan bahwa kegiatan Safari Ramadhan 1444 Hijriah mencakup penyampaian ceramah keagamaan untuk meningkatkan pemahaman warga Muslim mengenai ajaran Islam.

"Selain menyampaikan tentang keutamaan Ramadhan, juga menyampaikan tentang moderasi beragama untuk menguatkan kerukunan umat beragama," kata Zainal, yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah.

Dia menyampaikan bahwa setiap agama punya karakteristik khas yang membedakannya dengan agama yang lain serta tata cara beribadah masing-masing, tetapi agama-agama juga punya persamaan dalam hal pesan moral yang berkenaan dengan sosiologi.

"Maka untuk membangun komunikasi dan kerukunan lintas agama semestinya aspek-aspek persamaan inilah yang perlu dikedepankan, bukannya menggali perbedaan-perbedaan yang memang sudah pasti ada," katanya.

"Kerukunan tidak diwujudkan dengan menghilangkan perbedaan karena hal itu adalah sebuah kemustahilan," ia menambahkan.

Zainal mengatakan bahwa selain menyiapkan pada dai yang akan menyampaikan ceramah keagamaan, MUI Kota Palu juga menyiapkan bantuan sembako yang akan diberikan kepada para imam dan petugas syarak di masjid-masjid yang menjadi sasaran Safari Ramadhan.