Bupati Bangkep: Lomba desa harus memotivasi warga untuk bangun desa

id ihsan basir,bupati bangkep,pemdes bangkep,desa bangkep,lomba desa,pemkab bangkep

Bupati Bangkep: Lomba desa harus memotivasi warga untuk bangun desa

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir menyampaikan sambutan pada pembukaan lomba desa tingkat provinsi tahun 2023. (ANTARA/HO-Kominfo Bangkep)

Bangkep, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir mengemukakan bahwa lomba desa tingkat provinsi harus menjadi media untuk memotivasi masyarakat agar bersama - sama membangun desa yang lebih baik.

"Desa memiliki banyak potensi yang belum dikembangkan, maka dibutuhkan gerakan untuk meningkatkan motivasi dan kebersamaan masyarakat dalam membangun desa," ucap Ihsan Basir di Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Selasa.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah saat ini sedang melakukan penilaian lomba desa untuk mencari desa terbaik, yang selanjutnya diikutkan pada tingkat nasional.

Desa Alakasing di Kecamatan Peling Tengah, menjadi desa yang mewakili Kabupaten Banggai Kepulauan pada lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan penilaian lomba desa adalah salah satu program pemerintah dalam upaya meningkatkan peranan masyarakat dalam pembangunan guna mengembangkan sumber daya alam beserta lingkungan.

Ihsan Basir berharap melalui lomba desa ini, terbangun kebersamaan masyarakat dan pemerintah desa, untuk mengembangkan desa sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Ia mengatakan bahwa di setiap desa memiliki banyak potensi yang belum dikembangkan dengan baik. Potensi itu mulai dari wisata, pertanian, peternakan, pengembangan produk UMKM dan sebagainya.

"Sehingga diharapkan melalui lomba desa ini juga, para pemerintah desa dapat mengalokasi APBDes untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh desa," kata dia.

Kementerian Desa PDTT telah menerbitkan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023.

Berdasarkan peraturan tersebut prioritas penggunaan dana desa tahun 2023 diperuntukkan untuk percepatan pencapaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) meliputi pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, dan program prioritas nasional sesuai kewenangan desa, serta mitigasi penanganan bencana alam dan non-alam.

Salah satu penekanan dari peraturan tersebut, sebut dia, adalah terkait dengan pembangunan dan pemulihan ekonomi masyarakat berbasis desa. Maka, ujar dia, pemerintah desa dapat berinovasi untuk mengembangkan ekonomi produktif secara berkelanjutan.
Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir bersama Ketua PKK Bangkep meninjau produk unggulan dan kerajinan tangan masyarakat pada pembukaan lomba desa tingkat provinsi tahun 2023. (ANTARA/HO-Kominfo Bangkep)