Donggala ajak semua pihak tingkatkan partisipasi pemilih di pilkada

id Kabupaten Donggala,Sulawesi Tengah,Pilkada 2024,Kesbangpol,Pj Bupati Donggala

Donggala ajak semua pihak tingkatkan partisipasi pemilih di pilkada

Pj Bupati Donggala Rifani Pakamundi memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pilkada Kabupaten Donggala, Sabtu (26/10/2024). (ANTARA/MOH SALAM)

Donggala (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala, Sulawesi Tengah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat mengajak semua pihak terdiri dari OPD, TNI dan Polri, camat serta kepala desa untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Donggala Rifani Pakamundi di Kota Palu, Sabtu, mengemukakan pentingnya membangun kesepahaman antara pemerintah daerah dengan semua stakehorlder dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah itu guna mewujudkan pilkada yang aman dan damai.

"Pertemuan ini dihadiri OPD, camat, kepala desa dan lurah di Kabupaten Donggala serta TNI dan Polri untuk membahas bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih menjelang pilkada dan masing-masing peran menyukseskan pesta demokrasi tersebut," kata Rifani.

Ia menuturkan agar semua stakeholder di daerah itu dapat memastikan kesiapan penyelenggara pilkada dan mengoptimalkan koordinasi antar lembaga terkait di Kabupaten Donggala.

"Semuanya perlu membangun kesepahaman antar pemangku kepentingan, dan mengidentifikasi potensi kendala dan solusinya serta menyusun strategi pelaksanaan yang efektif pada pilkada mendatang," ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa para pemangku kepentingan dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait pentingnya partisipasi dalam pelaksanaan pilkada, sehingga bisa menjadi penyambung informasi kepada masyarakat luas tentang pelaksanaan Pilkada 2024.

"Harapannya semua pihak mengoptimalkan koordinasi antar lembaga terkait, yang tentunya bertujuan menetapkan langkah-langkah strategis persiapan pilkada," ujarnya.

Sebelumnya KPU Donggala sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada tahun 2024 di daerah itu mencapai 223.942 pemilih terdiri dari laki-laki 115.045 pemilih dan perempuan berjumlah 108.897 pemilih.

Terdapat 696 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan rincian 695 TPS reguler dan satu TPS lokasi khusus yang tersebar di 16 kecamatan dan 167 desa di Kabupaten Donggala.

Diketahui pada Pilkada 2024 terdapat lima pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Donggala yaitu nomor urut satu Rahmad M Arsyad dan Abd Rasyid, nomor urut dua Idham Pagaluma dan Abdul Aziz dan nomor urut tiga yaitu Vera Elena Laruni dan Taufik M Burhan.

Kemudian untuk nomor urut empat paslon Widya Kastrena dan Arwin serta nomor urut lima yaitu Moh Yasin dan Syafiah.