Parigi Moutong dapatkan bibit jagung dari kementan

id nelson

Parigi Moutong dapatkan bibit jagung dari kementan

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Parigi Moutong, Nelson Metubun. (Antaranews Sulteng/Ridwan)

...tahun ini Kementerian Pertanian memberikan bantuan benih untuk lahan pertanaman seluas 31.442 hektare di Parigi Moutong
Parigi,  (Antaranews Sulteng) - Kabupaten Parigi Moutong pada 2018 ini mendapatkan bantuan bibit jagung yang cukup banyak dari Kementerian Pertanian untuk mendukung program pelipatgandaan produksi jagung mulai tahun ini.

"Iya, tahun ini Kementerian Pertanian memberikan bantuan benih untuk lahan pertanaman seluas 31.442 hektare di Parigi Moutong," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Parigi Moutong Nelson Metubun yang dihubungi di Parigi, Rabu.

Nelson menjelaskan, bantuan bibit jagung dari pemerintah pusat ini merupakan wujud komitmen Kementan yang akan menjadikan Sulawesi Tengah sebagai sentra produksi jagung nasional.

Parigi Moutong sendiri, kata Nelson, merupakan salah satu daerah penghasil jagung di Sulteng, selain padi, kakao, dan lahan potnsial untuk jagung masih cukup luas.

"Dengan adanya bantuan bibit ini kami berharap petani lebih semangat memperluas arealnya pertanamannya," harap Nelson.

Baca juga: Sulteng Urutan Keempat Penghasil Jagung Di KTI
Baca juga: Perusda Sulteng Gandeng Bumdes Berdayakan Petani Jagung


Selain bantuan pemerintah pusat, pihaknya juga bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tengah dalam uji coba penangkaran benih komoditi jagung hibrida.

"Uji coba ini dilakukan pada lahan seluas tiga hektare yang hasilnya nanti disebar ke kelompok-kelompok tani di Parigi Moutong," paparnya.

Kerja sama Pemkab Parigi Moutong dan BPTP Sulteng dalam pengembangan pembibitan komoditi jagung ini sudah berlangsung sejak akhir 2017 lalu dan diperediksi akhir Maret atau awal April 2018 akan dilaksanakan panen dan selanjutnya pihak BPTP akan memilah untuk dijadikan bibit.

Selain itu, Parigi Moutong juga terus melakukan pengembangan areal sektor pertanian jagung sebagai upaya untuk mengawal ketahanan pangan di Provinsi Sulawesi Tengah.

Pada 2017, pemerintah setempat menargetkan luas pegembangan pertanian jagung sekitar 8.117 hektare, namun sejalan dengan program Kementan yang memberikan bantuan benih, maka Pemerintah Parigi Moutong menargetkan pengembangan jagung 31.442 hektare. 

Baca juga:
Sulawesi Tengah akan jadi kawasan jagung nasional

Parigi Moutong lipatgandakan areal budidaya jagung