Kota Palu dibanjiri pedagang musiman kelapa muda

id Kelapa muda

Kota Palu dibanjiri pedagang musiman kelapa muda

Ilustrasi, Penjual buah kelapa muda (Foto Antara/dok)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Kota Palu di Provinsi Sulawesi Tengah sepakan terakhir ini banyak dibanjiri pedagang musiman buah kelapa muda.

Hampir di setiap sudut jalan di Ibu Kota Provinsi Sulteng itu terlihat para penjual buah kelapa muda dengan harga cukup terjangkau.

Seperti di bilangan jalan Muhammad Yamin, di sisi kiri dan kenan jalan protokol itu, Minggu banyak pedagang buah kelapa muda yang bermunculan di saat ramadhan tiba.

Begitu pula di pinggiran jalan lain dalam wilayah Kota Palu pada sore hari banyak muncul penjual kelapa muda dan saat menjelang buka puasa dipadati warga yang datang membeli kelapa muda untuk buka puasa.

Udin, seorang pedagang buah kelapa di salah satu kawasan di kota itu membenarkan buah kelapa muda banyak dibeli warga untuk buka puasa.

Harganyapun cukup murah rata-rata Rp5.000/buah. Tetapi jika ditambahkan gula merah, maka harganya lebih mahal yakni Rp10.000.

Buah kelapa muda yang banyak diperdagangkan di Kota Palu berasal dari sejumlah desa di Kabupaten Sigi. Kabupaten Sigi sendiri berbatasan langsung dengan Palu.

Karena itu, banyak petani di Sigi menjual buah kelapa muda untuk kebutuhan buka puasa ke Kota Palu.

Sigi merupakan salah satu kabupaten di Sulteng yang memiliki areal komoditas kelapa yang cukup luas.

Hal senada juga disampaikan Rahman, seorang pedagang musiman buah kelapa muda di kawasan Pasar Masomba Palu. Ia mengatakan setiap kali ramadhan tiba, menggunakan kesempatan itu dengan menjual buah kelapa muda.

Karena buah kelapa muda sangat laris dijual saat bulan puasa, sebab dijadikan salah satu menu untuk buka puasa.

Ronie, seorang petani kelapa dalam di Sigi mengatakan saat ramadhan tiba, permintaan akan buah kelapa muda meningkat dan kesempatan bagi petani mengais rezeki.

"Ramadhan selalu membawa berkah, termasuk bagi petani," kata dia.