Parigi Moutong borong juara di Poso Tourism Carnival 2019

id Parigi Moutong, pariwisata, poso

Penampilan salah satu Tomini Fashion Carnival (TFC) asal Parigi Moutong di kegiatan kepariwisataan Poso Toursm carnaval 2019 di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah Jumat (2/3). (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Parimo)

Parigi (ANTARA) - Peseta Tomini Fashion Carnaval (TFC) asal Kabupaten Parigi Moutong memborong juara satu di dua kategori kegiatan Poso Tourism Carnival 2019 di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Jumat. 

Pejabat Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Parigi Moutong (Disporapar) Sofiana Pandean mengatakan, prestasi yang diraih TFC  diajang itu telah diprediksi sebelumnya, mengingat Kabupaten Parigi Moutong adalah gudang Fashion Carnival. 

Dari daerah penghasil ikan itulah fashion carnival dimulai dan menular hingga ke berbagai kabupaten/kota di Sulteng. 

"Kami sangat berbangga Parigi Moutong bisa meraih juara satu untuk dua kategori umum dan anak," ujar Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Siaporapar ini. 

Sofiana memaparkan, dikegiatan itu, juara satu kategori anak diraih, Syahnazh H Usman Yamin. 

Sedangkan kategori umum juara satu diraih Ni Nyoman Mustiani. Selain itu, di kategori umum juara harapan 11 diraih Mohammad Efendi.

 "Dari 92 peserta, dominan menampilkan desain fashion carnival bertema bahari,  mereka berasal dari Kabupaten Poso, Parigi Moutong, Banggai Laut, Morowali, Tojo UnaUna dan Kota Malang, Jawa Timur sebagai bintang tamu," katanya. 

Menurutnya, prestasi yang diraih tidak terlepas dari dorongan Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tobolotutu yang selalu memberi dukungan teradap pegiat seni di kabupaten itu. 

"Kami patut berterima kasih kepada Bupati dan ketua TP PKK serta jajaran Pemkab Parigi Moutong yang selama ini telah membimbing sekaligus membina tomini fashion carnaval," ujarnya.

Sekretaris daerah Parigi Moutong Ardi Kadir menyampaikan apresiasi terhadap prestasi yang dicapai Tomini fashion carnival. 

"Selamat kepada TFC Parigi Moutong, semoga prestasi ini lebih memacu semangat kita untuk terus berpestasi tidak hanya di level lokal, tetapi hingga tingkat nasional bahkan internasional," harapnya.

Kegiatan kepariwiataan dibalut Poso Tourism carnaval 2019 bagian dari rangkaian HuUT ke- 124 Kabupaten Poso.
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar