Bupati Poso ajak masyarakat cinta budaya daerah

id Darmin Agustinus Sigilipu

Bupati Poso ajak masyarakat cinta budaya daerah

Dokumentasi, Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, MSi berfoto berbincang-bincang dengan koordinator tim kontingen Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Poso di pelataran Kantor Bupati Poso, Senin (9/3/2020). (Foto: Humas Pemkab Poso)

Poso (ANTARA) - Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu membuka secara resmi acara Forum Terbuka Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kabupaten Poso, yang berlangsung di Gedung Torulemba Poso.

 Pada kesempatan itu Bupati Poso memperkenalkan berbagai objek wisata kepada narasumber dari Kemendikbud RI dan peserta yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Tana Poso, antara lain objek wisata air terjun Saluopa, Danau Poso, Megalit dan Megalitikum yang sudah mendunia seperti patung palindo dan masih banyak lagi.

 Untuk itu, kata Bupati. upaya merumuskan pokok - pokok pikiran kebudayaan daerah  ini dimaksudkan untuk melestarikan budaya lokal daerah, dan seharusnya dihajatkan juga untuk mengantisipasi dampak dari semakin gencarnya arus globalisasi yang dapat melunturkan nilai nilai budaya luhur nenek moyang kita.


Darmin berharap melalui kegiatan forum terbuka ini dapat tersusun pokok pikiran kebudayaan daerah Kabupaten Poso tahun 2020 yang meliputi objek tradisi lisan, adat istiadat, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat, olahraga tradisional dan cagar budaya. “Ini semua menjadi bahan dasar penyusunan rencana strategi kebudayaan untuk selanjutnya menjadi dasar penyusunan rencana induk kebudayaan yang akan termuat dalam rencana pembangunan jangka panjang dan jangka menengah,” ujarnya Darmin.

 Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso Drs Viktor Tumonggi, MSi melaporkan bahwa Pemerintah Kabupaten Poso melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyelenngarakan  acara Forum Terbuka Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kabupaten Poso merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Undang-Undang no. 5 Tahun 2012 tentang pemajuan kebudayaan dan untuk mewujudkan masyarakat yang mencintai budaya serta menggali dan melestarikan nilai-nilai budaya.

 Ia menambahkan acara torum terbuka ini mengundang narasumber dari Pokja PPKD Sesditjen Kebudayaan Kemendikbud RI Wildan Herdiansyah, SS dan Kabid Kebudayaan Dinas P dan K Provinsi Sulawesi Tengah Dr Rachman Ansyari, MPd.

 Turut hadir padaacara ini Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH, MH selaku Dewan Adat Kabupaten Poso, para tokoh adat Poso dan pemerhati budaya adat daerah Poso. (SHE)